Tribun

W20 Indonesia Bertemu W20 Korea Untuk Mempererat Hubungan Bilateral

Dalam rangka menyongsong W20 Italia 2021, Indonesia sebagai salah satu partisipan aktif di W20 G20 membuat pertemuan Bilateral Indonesia - Korea

Editor: FX Ismanto
W20 Indonesia Bertemu W20 Korea Untuk Mempererat Hubungan Bilateral
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Kepala Delegasi W20 G20 Indonesia Dr. Jessica N Widjaja (Kiri Depan) Bersama Kepala Delegasi W20 Korea Kum Joo Huh di Seoul (16/2/21. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka menyongsong W20 Italia 2021, Indonesia sebagai salah satu partisipan aktif di W20 G20 membuat pertemuan Bilateral Indonesia - Korea di Seoul Korea Selatan, Selasa (16/2/21). Dr. Jessica N Widjaja Selaku Ketua Delegasi W20 Indonesia bertemu dengan delegasi W20 Korea yang diketuai oleh Kum Joo Huh. Dalam pertemuan turut dihadiri pula oleh Anggota W20 Korea Angela Joo Hyun Kang dan Minah Kang.

Jessica mengatakan sangat bahagia dapat merepresentasikan Indonesia dalam pertemuan kali ini sebagai bentuk penguatan kerjasama antar 2 Negara Peserta W20. "Tentunya kehadiran kami disini menjadi misi penting untuk mengedepankan visi terhadap masa depan wanita, anak dan kehidupan sosial Masyarat Dunia," terang Jessica N Widjaja berdasarkan rilis yang di terima Tribunnews.com, Rabu (17/2/2021) di Jakarta.

Peraih Doktor bidang Hukum ini menjelaskan, alasan mengapa Korea menjadi tujuan pertama dalam pertemuan Bilateral 2 Negara Peserta W20. "Delegasi Korea memiliki kedekatan yang cukup erat dalam keorganisasian dengan Indonesia. Selain itu ada akulturisasi budaya yang populer di kedua negara membuat sinergisitas program2 dalam lebih mudah ditransformasikan dalam realisasinya, " jelas Jessica N Widjaja.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Indeks Pembangunan Gender (IPG) Indonesia sudah baik dan terus meningkat, hal ini bisa menjadi role model yang saling dikomparasikan. "Berkaca pada Korea Selatan yang memiliki kesetaraan Gender yang kuat, Indonesia sedang dan akan menuju Pemberdayaan perempuan yang lebih hebat tentunya! " seru Jessica.

Isu perlindungan anak juga menjadi strategis untuk dibahas karena Indonesia memiliki Peta permasalahan Anaknya sendiri. " Setiap negara di belahan dunia punya permasalahan anak, Korea pun demikian, namun tempat ini cukup mencerminkan Negara yang ramah anak, kita menginginkan Dunia yang lebih baik untuk para anak tentunya," jelas Jessica.

Selain itu, menurut Ketua The Grandeur Center (TGC) Indonesia ini, Pertemuan Indonesia - Korea ini menjadi sinergisitas Positif Pra Pertemuan W20 Italia. "Menyamakan visi dan menyatukan suara adalah penting, sehingga saat W20 Italia kita bisa membuat sebuah kesamaan konklusi yang bulat untuk arah W20 kedepan," paparnya.

Jessica juga mengingatkan, bahwa Indonesia akan meraih Presidensi W20 di tahun 2022, dimana Indonesia harus menunjukan wajah terbaiknya. "Kita bahagia dan tidak sabar menanti waktu tersebut. Apalagi kita berharap 2022 kemungkinan besar pandemi sudah berlalu, W20 di Indonesia akan semaksimal mungkin kita gaungkan, menjadi penting untuk terus membuka kolaborasi dengan negara2 lain," pungka Jessica N Widjaja Selaku Ketua Delegasi W20 Indonesia.

Menyambut hal ini, Ketua Delegasi W20 Korea Kum Joo Huh menyatakan rasa senang dan bangganya dapat menyambut Ketua Delegasi W20 Indonesia. "Saya berharap agar semua berjalan dengan lancar, dan kita semua dapat memberikan kontribusi terbaik dalam W20. Semoga Indonesia selalu sukses dalam mempersiapkan Presidensi W20 di tahun 2022, " tutup Ketua Delegasi W20 Korea Kum Joo Huh.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas