Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei PPI: Publik Lebih Puas Kinerja Jokowi Ketimbang Ma'ruf Amin

Kinerja wakil presiden menurun adalah minimnya respon KH Ma'ruf Amin terhadap beberapa isu yang belakangan cukup krusial

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Survei PPI: Publik Lebih Puas Kinerja Jokowi Ketimbang Ma'ruf Amin
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei nasional dengan tema Evaluasi Kinerja Pemerintah dan Jalan Panjang Menuju 2024.

Berdasarkan lembaga survei ini, mayoritas responden merasa masyarakat cukup puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo dibanding wakilnya, KH Ma'ruf Amin.

"Jelang 1,5 tahun kepemimpinan Joko Widodo jilid 2, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden cukup baik yaitu 65,4 persen. Sementara yang tidak puas mencapai 29,1 persen," kata Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno melalui pers rilis, Minggu (21/2/2021).

PPI juga menangkap persepsi masyarakat terhadap kinerja KH Ma'ruf Amin.

Dari hasil survei, 50,8 persen puas dengan Ma'ruf, sedangkan sisanya 43,8 persen tidak puas.

Baca juga: Pemerintahan Jokowi Diyakini Dapat Segera Pulihkan Perekonomian Nasional

"Sementara itu, kepuasan terhadap kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin cenderung lebih rendah dengan angka kepuasan mencapai 50,8 persen. Sementara yang tidak puasa mencapai 43,8 persen," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Adi menjelaskan, satu di antara faktor yang membuat tingkat kepuasan terhadap kinerja wakil presiden menurun adalah minimnya respon KH Ma'ruf Amin terhadap beberapa isu yang belakangan cukup krusial terutama yang berkaitan dengan Islam politik.

"Status Ma'ruf Amin sebagai ulama tentunya membuat kelompok Islam memiliki ekspektasi cukup tinggi terhadap respon dan pembelaan wapres terkait isu yang beririsan dengan kelompok Islam," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas