Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Beradaptasi dengan Perubahan, Program Filantropi Kini Juga Maksimalkan Platform Digital

Berdasarkan indikator CAGR (Compound Annual Growth Rate) peningkatan penghimpunan per tahun MAI Foundation mencapai 20 persen.

Beradaptasi dengan Perubahan, Program Filantropi Kini Juga Maksimalkan Platform Digital
dok MAI Foundation
Public Expose MAI Foundation lewat virtual, Jumat (26/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Munculnya pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan terhadap tatanan kehidupan ditengah masyarakat. Berbagai sektor kehidupan dituntut untuk bisa menyesuaikan agar bisa tetap berjalan ditengah pandemi ini.

Melalui digitalisasi, berbagai sektor kehidupan mencoba melakukan improvement serta adaptasi sebagai langkah survive terhadap kebiasaan baru khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah dan mengurangi penyebaran rangai virus covid-19.

Kegiatan filantropi yang juga ikut terdampak oleh pandemi kini juga mulai memanfaatkan platform digital. Seperti dilakukan salah satu lembaga filantropi MAI Foundation.

Lembaga ini memperluas pemanfaatan platform digital untuk memperluas jangkauan dan manfaat aktivitas mereka ke masyarakat.

Tedi Nurhikmat, Ketua MAI Foundation dalam Public Expose 2021 bertajuk 'MAIkin Digital, MAIkin Cepat, MAIkin Luas Manfaatnya' menyatakan, lembaganya menempuh strategi digitalisasi dengan menitikberatkan kepada layanan akses digital kepada para muzzaki agar mendapatkan layanan kemudahan dalam menunaikan ziswaf atau berdonasi dalam program-program MAI Foundation.

Baca juga: Menkeu: Potensi Dana Filantropi Umat Islam Berpeluang Atasi Kemiskinan

"Upaya ini juga diharapkan makin meningkatkan kepercayaan muzakki yang telah menyalurkan dana ZISWAF-nya karena bisa langsung memonitor kegiatan penyaluran MAI Foundation melalui media sosial dan website MAI Foundation." ujarnya, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Global Qurban-ACT Akan Buka Lowongan Kerja Jadi Agen Filantropi Kurban

Layanan akses digital juga diberikan kepada mustahik melalui program-program yang selama ini dijalanlan. Akses digital juga diberikan kepada stakeholder khususnya masyarakat untuk mengakses informasi lembaga.

Baca juga: Menteri Agama Ajak Masyarakat Tingkatkan Aksi Filantropi di Tengah Pandemi Corona

Dijelaskan, tahun ini merupakan tahun ketujuh berdirinya MAI Foundation.

Berdasarkan indikator CAGR (Compound Annual Growth Rate) peningkatan penghimpunan per tahun MAI Foundation mencapai 20 persen. Selama tahun 2019 – 2020 penghimpunan amal dari masyarakat naik 21 persen.

Pendistribusian dan pendayagunaan MAI Foundation juga tumbuh 20 persen di 2020. Sementara, jumlah penerima manfaat dari program MAI Foundation mencapai 196.794 jiwa dengan jumlah sebaran 56 persen di wilayah Jabodetabek, sedangkan lainnya berada di luar Jabodetabek dan luar negeri (Hong Kong, Malaysia, Jepang, Jerman, New Zealand).

Di 2021 ini MAI Foundation telah berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikasi tersebut merupakan standar internasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan pelayanan secara konsisten, disiplin, berkualitas tinggi, serta tata kelola lembaga yang lebih baik lagi.

“Kami meyakini, pengembangan teknologi untuk kemudahan berziswaf menjadi peluang bagi MAI Foundation untuk mendorong program-program fundraising dan Landing agar mampu menjangkau semua elemen," ujar Abdul Rachman, Pembina MAI Foundation.

Larena itu, jika semua program dapat terlaksana dan didukung oleh banyak pihak termasuk Lembaga Filantropi Islam seperti MAI Foundation, maka tujuan memakmurkan dunia khususnya Indonesia akan tercapai.

MAI Foundationmemberikan penghargaan kepada beberapa stakeholder, salah satunya adalah kategori Mitra Korporasi Terbaik 2020 yang diberikan kepada PT Mandiri Manajemen Investasi.

Ikuti kami di
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas