Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kamhar: Bappilu Sambut Gembira Dilantiknya Sejumlah Kepala Daerah yang Diusung Demokrat

Masih tersisa 4 daerah lagi dimana 2 daerah karena kelanjutan proses sengketa Pilkada yaitu Kalimantan Selatan dan Provinsi Jambi.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kamhar: Bappilu Sambut Gembira Dilantiknya Sejumlah Kepala Daerah yang Diusung Demokrat
Ist
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat menyambut gembira telah dilantiknya 5 kepala daerah provinsi yang 2 diantaranya diusung Partai Demokrat.

Mereka adalah Gubernur Kalimantan Utara Drs Zainal A Paliwang SH M.Hum dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Dr Drs Yansen T Padan M.Si yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat yang dilantik pada 15 Februari  2021 yang lalu.

Kemudian Pelantikan Gubernur Bengkulu Dr drh H Rohidin Mersyah, MM dan Wakil Gubernur Drs Rosjonsyah MM dilantik pada 25 Februari yang lalu.

Masih tersisa 4 daerah lagi dimana 2 daerah karena kelanjutan proses sengketa Pilkada yaitu Kalimantan Selatan dan Provinsi Jambi.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan pihaknya berharap dan mendoakan agar Prof Deny Indrayana SH MH sukses dalam gugatannya di Mahkamah Konstitusi.

"Sementara 2 lainnya menunggu akhir masa jabatan gubernur saat ini yaitu Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah. Untuk Sulteng, paslon yang kami usung juga memperoleh kemenangan yaitu pasangan Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir," ujar Kamhar, Sabtu (27/2/2021).

Sementara untuk pelantikan hasil Pilkada kabupaten/kota, dari 170-an daerah yang dilaksanakan secara serentak pada Jumat 26 Februari 2021, terdapat 80 daerah atau 47% diantaranya adalah Paslon yang diusung Partai Demokrat.

Baca juga: Eddy Berutu Terpilih Jadi Ketua DPD II, Bappilu Berharap Dairi Jadi Lumbung Suara Golkar di Sumut

Baca juga: Profil Para Pembangkang Partai Demokrat yang Dipecat

BERITA TERKAIT

"Dimana 41 daerah atau 51% dari itu adalah kader Partai Demokrat, baik sebagai Calon bupati/walikota maupun sebagai calon wakil bupati/ wakil walikota," ujar Kamhar.

Dari 41 daerah itu, menurut Kamhar, terdapat kader-kader utama Partai Demokrat seperti Eka Putra, SE Wabendum DPP Partai Demokrat yang telah dilantik sebagai Bupati Tanah Datar.

Juga dr Verna Gladis Mery Inkiriwang Anggota FPD DPR-RI dua periode (2009-2019) sebagai Bupati Poso.

Lalu dr Cellica Nurachadiana yang dulunya menjadi Anggota Majelis Tinggi Partai telah dilantik untuk periode kedua sebagai Bupati Karawang, dan RH Agus Bastian SE MM mantan Anggota FPD DPR-RI (2009-2014) yang telah dilantik untuk periode kedua sebagai Bupati Purworejo.

"Peningkatakan perolehan hasil Pilkada serentak 2020 yang lalu, dimana Partai Demokrat memperoleh hasil melampaui target yang telah ditetapkan tentunya menjadi energi tersendiri, apalagi lebih dari separuh kemenangan yang diraih mengusung kader internal Partai Demokrat," kata Kamhar.

Menurut Kamhar, ini kemenangan yang berkualitas, bernilai penting dan menjadi modal dasar yang bernilai tinggi menopang sukses Pemilu.

"Sukses Pilkada, sukses Pileg dan sukses Pilpres yang satu sama lainnya memiliki relasi yang erat dan pengaruh timbal balik yang kuat," ujarnya.

Kamhar mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menitipkan pesan dan menaruh harapan besar kepada kader-kader Partai Demokrat yang mendapatkan mandat rakyat sebagai kepala daerah untuk menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab untuk memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat.

"Menempatkan kepentingan rakyat sebagai yang utama dan terutama untuk diperjuangkan dan diwujudkan," ujarnya.

"Kader-kader yang dipercaya rakyat memimpin daerah adalah etalase partai, yang jika sukses memimpin daerah, akan memberikan insentif politik bagi partai. Rakyat akan semakin percaya dan cinta Partai Demokrat," kata Kamhar menambahkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas