Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pesan Mendagri: Satpol PP dan Satlinmas Perlu Menjaga Kepuasan Publik

Usia Satpol PP dan Satlinmas yang saat ini diperingati menandakan bahwa kedua organisasi itu berada pada usia yang matang

Pesan Mendagri: Satpol PP dan Satlinmas Perlu Menjaga Kepuasan Publik
Humas Kemendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) terus menjaga kepuasan public.

Tito menjelaskan, di negara demokrasi seperti Indonesia legitimasi dan dukungan publik menjadi kunci dari keberadaan suatu organisasi, baik pemerintah maupun non pemerintah.

Oleh karena itu, paradigma ini harus dioperasionalisasikan dalam tindakan Satpol PP dan Satlinmas di lapangan, yang lebih berorientasi pada menjaga kepuasaan publik.

“Makanya survei-survei banyak tentang kepuasan publik, itulah salah satu indikator atas publik merestui legitimasi memberikan dukungan kepada institusi pemerintah maupun non-pemerintah,” kata Mendagri saat menghadiri syukuran HUT Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Menteri Tjahjo Harap Mal Pelayanan Publik Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Izin Usaha

Mendagri mengatakan meski perlu mendapat dukungan dari publik, bukan berarti Satpol PP dan Satlinmas melakukan pembiaran terhadap masyarakat yang melanggar peraturan.

Sebab, pelanggaran hukum, kata Mendagri, dapat merugikan masyarakat lainnya. Untuk itu, Satpol PP dan Satlinmas perlu melakukan introspeksi terhadap kinerja yang sudah dilakukan.

Usia Satpol PP dan Satlinmas yang saat ini diperingati menandakan bahwa kedua organisasi itu berada pada usia yang matang dan tidak banyak organisasi yang mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Baca juga: Masa Tahanan Koruptor Jiwasraya Dikorting, MAKI: Publik Kembali Apatis pada Penuntasan Kasus Rasuah

“Banyak instansi di dalam negeri maupun luar negeri yang justru dibubarkan karena dianggap sebagai beban negara,” ujarnya.

Mendagri menjelaskan, kemampuan bertahan lama itu didapatkan karena keberadaannya dibutuhkan oleh pemerintah maupun masyarakat.

Selain itu, bertahannya suatu organisasi juga karena kinerjanya yang diakui. Mendagri menekankan, baik Satpol PP maupun Satlinmas jangan sampai terlena.

Sehingga, pemerintah maupun masyarakat perlu terus diyakinkan bahwa keberadaan Satpol PP dan Satlinmas itu penting.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas