Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Yasonna Laoly: Jika Ingin Maju, Kepada Daerah Harus Dukung MPP Guna Permudah Pelayanan Masyarakat

Menteri Yasonna menegaskan pihaknya memberi perhatian penuh terhadap upaya perbaikan layanan publik melalui MPP. 

Yasonna Laoly: Jika Ingin Maju, Kepada Daerah Harus Dukung MPP Guna Permudah Pelayanan Masyarakat
Tribun Kaltim/Nevrianto Hardi Prasetyo
Petugas melayani pengunjung Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda,?di Jalan Basuki Rahmat, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (7/11/2019). MPP hadir untuk memutus mata rantai kecurangan pengurusan izin publik. Tribun Kaltim/Nevrianto Hardi Prasetyo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) di berbagai daerah di Indonesia, akan terus didukung penuh oleh Kementerian Hukum dan HAM

Dukungan itu terbukti dari layanan imigrasi ada di hampir seluruh MPP. 

Layanan pembuatan dan perpanjangan paspor, hingga Administrasi Hukum Umum (AHU) tersebar di beberapa MPP.

Hal ini tentu mempermudah masyarakat yang membutuhkan layanan imigrasi tersebut. 

Pengunjung yang hendak masuk ke dalam areal Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh untuk mencegah penyebaran Virus Corona, Rabu (18/3/2020). Pemeriksaan di pintu depan dilakukan oleh Petugas Satpol PP Kota Pekanbaru yang langsung memeriksa suhu tubuh dengan Termometer inframerah. Mereka yang suhunya di bawah 37 derajat celcius bisa langsung memasuki MPP Pekanbaru. Namun yang suhunya di atas 37 derajat celcius harus menunggu beberapa menit untuk dilakukan pengukuran suhu tubuh ulang. Saat suhu tubuhnya normal maka akan diperkenankan masuk dan mengakses layanan. Sedangkan yang suhu tubuhnya tinggi akan diperiksa oleh tim medis dan diarahkan ke klinik di Mal Pelayanan Publik Pekanbaru. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY)
Pengunjung yang hendak masuk ke dalam areal Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh untuk mencegah penyebaran Virus Corona, Rabu (18/3/2020). Pemeriksaan di pintu depan dilakukan oleh Petugas Satpol PP Kota Pekanbaru yang langsung memeriksa suhu tubuh dengan Termometer inframerah. Mereka yang suhunya di bawah 37 derajat celcius bisa langsung memasuki MPP Pekanbaru. Namun yang suhunya di atas 37 derajat celcius harus menunggu beberapa menit untuk dilakukan pengukuran suhu tubuh ulang. Saat suhu tubuhnya normal maka akan diperkenankan masuk dan mengakses layanan. Sedangkan yang suhu tubuhnya tinggi akan diperiksa oleh tim medis dan diarahkan ke klinik di Mal Pelayanan Publik Pekanbaru. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) (TRIBUN PEKANBARU/Theo Rizky)

Yasonna menegaskan pihaknya memberi perhatian penuh terhadap upaya perbaikan layanan publik melalui MPP. 

“Jika kita ingin maju, para bupati dan wali kota, mau tidak mau, suka tidak suka MPP ini menjadi hal yang sangat penting kita lakukan untuk mempermudah pelayanan publik pada masyarakat,” kata Yasonna dalam acara Penandatanganan Komitmen Penyelenggaraan MPP tahun 2020, di Jakarta, Selasa (2/3/2021). 

Dukungan itu juga sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mempermudah pelayanan masyarakat, termasuk investasi. 

Dihadapan 38 bupati dan wali kota yang menandatangi komitmen penyelenggaraan MPP, Menteri Yasona meminta agar para kepala daerah menghadirkan pola pikir ‘kalau dapat dipermudah kenapa harus dipersulit’. 

Sebab dengan begitu maka kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah juga dapat terbangun dengan baik. 

DIMINATI PEMOHON - Petugas Mal Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memberi pelayanan prima kepada pemohon yang mengurus perizinan dan non perizinan, Senin (29/6/2020). Selama 2 pekan mulai 15 Juni hingga 26 Juni, Mal Pelayanan Publik telah melayani sebanyak 5032 pemohon, sedangkan layanan yang paling diminati pemohon adalah pelayanan Polda Metro Jaya, dengan total 1290 pemohon, pelayanan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Wartakota/Nur Ichsan)
DIMINATI PEMOHON - Petugas Mal Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memberi pelayanan prima kepada pemohon yang mengurus perizinan dan non perizinan, Senin (29/6/2020). Selama 2 pekan mulai 15 Juni hingga 26 Juni, Mal Pelayanan Publik telah melayani sebanyak 5032 pemohon, sedangkan layanan yang paling diminati pemohon adalah pelayanan Polda Metro Jaya, dengan total 1290 pemohon, pelayanan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Wartakota/Nur Ichsan) (WARTAKOTA/Nur Ichsan)

Selain itu, para kepala daerah juga diharapkan dapat memiliki komitmen memberikan layanan publik yang optimal. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas