Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2024

Pengamat : Ridwan Kamil hingga Anies Baswedan Tetap Berpeluang Maju Pilpres 2024

Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan keputusan itu akan membuat pertarungan dalam pemilu

Pengamat : Ridwan Kamil hingga Anies Baswedan Tetap Berpeluang Maju Pilpres 2024
Tribun Jakarta
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPR RI dan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM telah sepakat untuk menarik Revisi Undang-Undang Pemilu (RUU Pemilu) dari daftar Prolegnas 2021. RUU Pemilu digantikan oleh RUU KUP.

Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan keputusan itu akan membuat pertarungan dalam pemilu serentak 2024 semakin menarik

"Kalau menurut saya akan seru nanti 2024, karena benar-benar ada di garis start semua. Pertarungannya akan sama," ujar Hendri, ketika dihubungi Tribunnews.com, Jumat (12/3/2021).

Hendri mengatakan hanya akan ada beberapa kelompok saja akhirnya yang tetap memiliki panggung politik jelang Pemilu Serentak 2024.

Baca juga: Jika Konflik Berkepanjangan, Partai Demokrat Terancam Tak Bisa Ikut Pemilu 2024

Terutama bagi mereka yang akan disebut mencalonkan diri sebagai calon presiden.

Sebab, banyak kepala daerah yang akan habis masa jabatannya pada 2022 maupun 2023. Nama Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil berada di dalam daftar yang akan 'menganggur' sebelum pemilu 2024 mendatang.

Namun dia menyebut kelompok yang memiliki panggung politik nyatanya kurang populer untuk mencalonkan diri menjadi calon presiden.

Baca juga: Baleg Bersama Pemerintah Cabut RUU Pemilu dari Prolegnas Prioritas 2021

"Seru karena memang hanya beberapa kelompok saja akhirnya yang punya panggung politik. Tapi kelompok yang punya panggung politik selama ini nggak populer sebagai calon presiden," kata dia.

Lantas, Hendri menyebut kelompok-kelompok yang menurutnya masih akan memiliki panggung politik jelang 2024.

"Yang akan punya panggung politik sampai 2024 itu kan Wapres Ma'ruf Amin kalau dia mau (maju) lagi ya, tokoh-tokoh politik, ketua parpol, anggota DPR, para menteri, selebriti, pengusaha kaya, itu akan punya peluang juga tuh maju di pemilihan presiden," kata Hendri.

Baca juga: Partai Golkar Bakal Gelar Rapimnas Besok, Bahas Pilkada Hingga Pemilu

Akan tetapi, Hendri juga meyakini Ridwan Kamil, Anies Baswedan hingga Khofifah Indar Parawangsa tetap akan memiliki peluang masuk dalam bursa calon presiden meski tak memiliki panggung politik.

"Tapi kalau Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawangsa, Anies Baswedan, walaupun panggungnya sudah hilang dari setahun atau dua tahun sebelumnya, saya kira tetap punya peluang tinggi dibandingkan yang lain," tandasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas