Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

LTMPT Minta Masyarakat Waspada Penipuan Bermodus Calo Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Nasih memastikan LTMPT adalah satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi negeri bagi calon mahasiswa baru.

LTMPT Minta Masyarakat Waspada Penipuan Bermodus Calo Masuk Perguruan Tinggi Negeri
freepik.com
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) M Nasih meminta masyarakat waspada terhadap penipuan yang bermodus sebagai perantara atau calo masuk perguruan tinggi negeri.

Nasih memastikan LTMPT adalah satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi negeri bagi calon mahasiswa baru.

Menurut Nasih, LTMPT tidak pernah bekerjasama dengan pihak lain dalam proses tes masuk perguruan tinggi negeri.

Baca juga: Bertambah 1.034, DKI Jakarta Jadi Provinsi Tertinggi Penambahan Kasus Positif Covid-19

"LTMPT dan perguruan tinggi negeri tidak bekerjasama dengan perorangan, kelompok atau instansi lain dalam penerimaan mahasiswa baru," tutur Nasih melalui keterangan tertulis, Sabtu (13/3/2021).

Nasih mengungkapkan banyak informasi yang beredar tentang jasa percaloan yang ditawarkan oleh pihak tertentu. Calo tersebut menjanjikan dapat menjamin siswa diterima perguruan tinggi negeri.

Calo tersebut, menurut Nasih, adalah penipu yang mencoba mengelabui para pendaftar. Masyarakat diminta waspada terhadap penipuan dengan modus seperti ini.

Baca juga: Nadiem Makarim Dorong Candi Borobodur Jadi Cagar Budaya Kelas Dunia

"Bila ada pihak yang menjanjikan dapat membantu diterima di PTN adalah tidak benar dan mohon waspada terhadap penipuan," ucap Nasih.

Besaran biaya di perguruan tinggi negeri, kata Nasih, sudah diatur dalam Permendikbud yang terkait dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing PTN.

"LTMPT dan PTN tidak memungut biaya tambahan diluar ketentuan biaya pendaftaran dan atau biaya Pendidikan di PTN sesuai dengan UKT," pungkas Nasih.

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas