Tribun

KJRI: Arab Saudi Sudah Gelar Persiapan Internal Pelaksanaan Haji

Konsul Jenderal Republik Indonesia Jeddah Eko Hartono mengatakan sejauh ini Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian soal pelaksanaan ibadah

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in KJRI: Arab Saudi Sudah Gelar Persiapan Internal Pelaksanaan Haji
istimewa
Konjen RI di Jeddah Eko Hartono dalam keterangannya mengatakan Putri Jauhara datang bersama para pengusaha setempat untuk temui Konsul Jenderal RI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsul Jenderal Republik Indonesia Jeddah Eko Hartono mengatakan sejauh ini Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian soal pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini.

Meski begitu, Eko mengatakan Pemerintah Arab Saudi telah melakukan persiapan internal untuk menghadapi pelaksanaan ibadah haji.

"Untuk haji 2021, belum ada keterangan resmi dari Arab Saudi tentang pelaksanaannya. Hanya memang persiapan internal sudah dilakukan yang mengarah haji," ujar Eko kepada Tribunnews.com, Jumat (19/3/2021).

Persiapan tersebut salah satunya adalah pelaksanaan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan haji dan muassasah.

Muassasah adalah organisasi yang memandu jemaah haji. Muassasah beranggotakan muzawir (pembimbing ziarah) dan para mutawif (pembimbing tawaf yang biasa disebut syekh).

"Misal perintah vaksinasi untuk muassasah dan tenaga kesehatan haji," ungkap Eko.

Kepastian asal jemaah yang diperbolehkan mengikuti ibadah juga belum diinformasikan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: Indonesia Akan Jadi Negara Pertama yang Terima Kepastian Pelaksanaan Haji 2021

Eko mengatakan belum dapat dipastikan pelaksanaan ibadah haji diperbolehkan jemaah dari negara lain atau hanya untuk jemaah dalam negeri.

"Belum jelas apakah haji hanya untuk domestik atau juga undang jamaah asing," pungkas Eko.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan persiapan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini tetap dilakukan.

Persiapan ini, menurut Yaqut tetap dilakukan Kemenag sambil menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini.

"Kepastian tunggu info resmi dari Saudi," ujar Yaqut melalui keterangan tertulis, Selasa (9/3/2021).
 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas