Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alat Tes Lewat Air Liur RT Lamp Saliva Mampu Deteksi Varian Baru Covid-19 dari Inggris

Alat tes Covid-19 yang menggunakan air liur, RT Lamp Saliva, dapat mendeteksi varian baru virus corona dari Inggris yang dikenal sebagai B117.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Alat Tes Lewat Air Liur RT Lamp Saliva Mampu Deteksi Varian Baru Covid-19 dari Inggris
The Scotsman
ILUSTRASI varian baru virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Alat tes Covid-19 yang menggunakan air liur, RT Lamp Saliva, dapat mendeteksi varian baru virus corona dari Inggris yang dikenal sebagai B117.

Akterono D Budiyati, IVD Division Research Manager Stem Cell and Cancer Institute mengungkapkan kemampuan RT Lamp Saliva dalam mendeteksi B117 diketahui saat proses uji coba perangkat ini.

"Ada varian baru yang B117 dari Inggris dan sudah kami coba kami blast dengan primer kami. Primer kami bisa mendeteksi virus dengan varian tersebut. RT Lamp sendiri bisa mendeteksi varian tersebut," ujar Akterono dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: RT Lamp Saliva, Alat Tes Covid-19 Menggunakan Air Liur Miliki Sensitivitas Hingga 94 Persen

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan B117 memiliki karakteristik penularan yang lebih cepat dibanding varian Covid-19 yang lebih dulu muncul.

Namun, kata Bambang, virus ini tidak menimbulkan keparahan penyakit yang lebih.

Virus varian baru ini, kata Bambang, justru terdapat indikasi dapat mengganggu kinerja PCR.

"Dia tidak mengganggu mengganggu kinerja vaksin. Tapi B117 ada indikasi bisa menggangu kinerja dari PCR," tutur Bambang.

Baca juga: Menristek: Biaya Tes RT Lamp Saliva Lewat Air Liur Setengah dari Harga Tes PCR

BERITA REKOMENDASI

Seperti diketahui, RT Lamp Saliva, alat tes untuk mendeteksi Covid-19 dengan air liur memiliki sensitivitas hingga 94 persen dan spesifitas mencapai 98 persen.

Alat yang dibuat oleh PT. Kalbe Farma ini telah mendapatkan izin edar berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01.07/MENKES/446/2021.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas