Tribun

Gagalkan Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna, Bakamla Sempat Lepaskan 2 Kali Tembakan Peringatan

Tangkapan ikan diketahui sejumlah 25 kg, dan palka kapal dipenuhi oleh bongkahan batu es.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
Gagalkan Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna, Bakamla Sempat Lepaskan 2 Kali Tembakan Peringatan
Humas Bakamla RI
KN Pulau Dana-323 Bakamla RI berhasil menggagalkan tindak mencurigakan dari kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam Perairan Natunapada Jumat (2/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KN Pulau Dana-323 Bakamla RI berhasil menggagalkan tindak mencurigakan dari kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam Perairan Natuna, Jumat (2/3/2021).

Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma Suwito mengatakan KIA tersebut diduga baru memulai aksi menangkap ikan di perairan Indonesia tersebut.

Sekira pukul 23.00 WIB, KN Pulau Dana-323 yang sedang melaksanakan patroli Operasi Garda Nusa V Tahun 2021 di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia sektor barat, mendeteksi adanya satu kapal pada kontak radar.

Posisi kapal tersebut, kata Suwito, berada pada 8 nautical mile (NM) dalam garis batas landas kontinen, dan melaju dengan kecepatan 1,5 knot.

Untuk memastikan aktivitas kapal tersebut, Komandan KN Pulau Dana-323 Letkol Bakamla Hananto Widhi memerintahkan untuk mendekati kontak.

Kapal tangkap ikan Vietnam
Kapal tangkap ikan Vietnam (Ist)

Namun saat didekati, kapal tersebut malah mematikan lampu kapal dan berusaha kabur dengan menambah kecepatan hingga 7 knot.

Selanjutnya, Hananto memerintahkan Tim Visit Board, Search, and Seizure (VBSS) untuk mendekat dengan menggunakan RHIB.

Kapal tersebut tidak kooperatif dan berusaha kabur.

"Pengejaran dilakukan, dan tembakan peringatan dilepaskan ke udara. Masih berusaha kabur, tembakan peringatan kedua dilepaskan ke bagian haluan yang terlihat oleh nakhoda," kata Hananto dalam keterangan resmi Humas Bakamla pada Sabtu (3/4/2021).

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas