Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jubir Menhan: Denwalsus Juga Bertugas Melakukan Pengamanan Internal di Kemhan

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengungkap tugas pasukan Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus).

Jubir Menhan: Denwalsus Juga Bertugas Melakukan Pengamanan Internal di Kemhan
KOMPAS.COM/HARYANTI PUSPASARI
Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengungkap tugas pasukan Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus).

Diketahui pembentukan pasukan Denwalsus sempat viral dan menjadi sorotan masyarakat.

Menurut Dahnil tugas utama pasukan Denwalsus adalah melakukan tugas-tugas yang besifat prtokoler dan penyambutan tamu kehormatan dari negara sahabat.

Baca juga: DPN Kombatan: Pembentukan Denwalsus Berpotensi Mengurangi Pos Anggaran TNI

Selain itu, pasukan ini pun memiliki tugas pengamanan internal di Kementerian Pertahanan.

"Jadi pasukan Denwalsus diberikan nama Denwalsus ini tugas utama mereka itu adalah tugas-tugas protokoler, kemudian terlibat dalam penyambutan tamu-tamu kehormatan yang datang di Kementerian Pertahanan, kemudian juga melakukan pengamanan internal di Kementerian Pertahanan," kara Dahnil dalam keterangan videonya, Senin (12/4/2021).

Dahnil menjelaskan sejak awal di Kementerian Pertahanan memang ada prajurit-prajurit yang ditugaskan Mabes TNI baik itu dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara untuk menjadi Pasukan Jajar Kehormatan yang kini juga disebut sebagi Denwalsus.

Baca juga: TB Hasanuddin: Pembentukan Denwalsus Kemenhan Berlebihan, Tak Sesuai Ketentuan

Namun, kata Dahnil, sejak menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo meminta kepada Mabes TNI dan Mabes Angkatan agar menyediakan pasukan Jajar Kehormatan yang representatif dari institusi TNI.

"Artinya mereka kelihatan gagah, kemudian secara fisik itu merepresentasikan prajurit-prajurit yang kuat dan sebagainya. Sehingga ketika upacara Jajar Kehormatan para tamu melihat sosok-sosok militer atau personel militer Indonesia itu mumpuni dengan personel-personel yang bugar dan menarik," kata Dahnil.

Mabes TNI dan Mabes Angkatan, kata Dahnil, kemudian menyediakan personel yang sesuai dengan permintaan Prabowo tersebut.

Dahnil mengatakan setiap kunjungan ke luar negeri khususnya ke Kementerian Pertahanan negara-negara sahabat, mereka selalu menghadirkan upacara Jajar Kehormatan.

Upacara-upacara Jajar Kehormatan tersebut digelar tentara-tentara yang merepresentasikan institusi militernya masing-masing.

"Oleh sebab itu kita tentu juga ingin menampilkan pasukan Jajar kehormatan yang representatif dan membanggakan kita ketika tamu-tamu negara itu berkunjung," kata Dahnil.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas