Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wapres Maruf Amin Berharap Tokopedia Ikut Serta dalam Pengembangan Ekonomi Syariah

Wakil Presiden Maruf Amin berharap Tokopedia dapat memainkan peran strategis di sektor pengembangan ekonomi syariah dan industri halal.

Wapres Maruf Amin Berharap Tokopedia Ikut Serta dalam Pengembangan Ekonomi Syariah
BPMI Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin berharap Tokopedia dapat memainkan peran strategis di sektor pengembangan ekonomi syariah dan industri halal.

“Pemerintah mendorong Tokopedia dan berbagai penyedia layanan e-commerce yang lain juga. Saya lihat Tokopedia ini terbesar dari e-commerce kita, untuk terus berkomitmen dan berinovasi dalam mendukung pengembangan industri halal,” kata Maruf Amin saat menerima audiensi Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison melalui konferensi video, Jumat (16/04/2021).

Baca juga: Soal Perombakan Kabinet, Jokowi Sudah Berembug dengan KH Maruf Amin 

Alasannya, menurut Maruf Amin, Tokopedia memiliki empat hal terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yaitu pengembangan industri produk halal, pengembangan industri keuangan syariah, pengembangan dana sosial syariah, dan pengembangan serta perluasan kegiatan usaha syariah.

Terkait pengembangan industri produk halal, Wapres berharap Tokopedia juga dapat membantu mewujudkan Indonesia menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

“Saya kira peran Tokopedia bukan hanya memasarkan (produk halal) di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, supaya kita menjadi eksportir produk halal terbesar di dunia,” katanya.

Wapres juga meminta Tokopedia untuk andil dalam upaya pengembangan dana sosial syariah terutama zakat dan wakaf.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Yakin Perekonomian Indonesia Tahun Ini Tumbuh 5,3 Persen

Satu di antara caranya yakni dengan meningkatkan literasi masyarakat dan mempermudah masyarakat dalam menyalurkan dana sosial syariahnya.

“Saya kira Tokopedia ini bisa menjadi kanal yang andal untuk penyaluran wakaf begitu juga zakat,” ujarnya.

Sementara, terkait pengembangan dan perluasan usaha syariah, Maruf berharap Tokopedia dapat berperan dengan memfasilitasi pelaku usaha syariah khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) syariah untuk berjualan secara daring dan memperluas akses pembayaran digital yang sesuai dengan prinsip syariah, serta menjembatani akses pembiayaannya.

Baca juga: Menuju Lampung, Wapres Maruf Tinjau Vaksinasi dan Bendungan Way Sekampung

“UMKM itu kan biasanya kurang modalnya, kurang pengetahuannya, kurang pemasarannya, dan juga kurang kualitas produknya. Nah bagaimana agar UMKM ini kualitas produknya bagus, permodalannya cukup, kemudian pemasarannya (luas), barangkali e-commerce dapat berperan lebih (besar),” paparnya.

“Jadi dalam membangun pengusaha-pengusaha syariah ini, kita mengembangkan dua program, yaitu membangun pusat-pusat inkubasi di daerah-daerah supaya menumbuhkan pengusaha-pengusaha itu, serta membangun pusat-pusat bisnis syariah (business center) yang nanti mereka bisa berinteraksi secara digital. Barangkali Tokopedia bisa mengambil peran di situ,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Head of Product Iman Cinderamata, Lead, Sales, and Operations Dendra Falah, Lead, Public Policy, and Government Relations Muhammad Nur Hakim, serta Senior Public Policy and Government Relations Candini Candanila.

Sedangkan Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Bambang Widianto.

Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas