Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sejumlah Kepala Daerah Beri Kuliah Umum Praja IPDN Soal Kelola Birokrasi di Tengah Pandemi

Gubernur Jatim dalam kuliah umumnya memaparkan mengenai kiat-kiat yang dilakukan daerahnya untuk tetap membuat ekonomi bergeliat ditengah pandemi.

Sejumlah Kepala Daerah Beri Kuliah Umum Praja IPDN Soal Kelola Birokrasi di Tengah Pandemi
IPDN
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar Stadium General secara luring dan daring dengan tema Strategi Pemenangan Pilkada dan Penanganan Covid 19, di Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Senin (19/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar Stadium General secara luring dan daring dengan tema Strategi Pemenangan Pilkada dan Penanganan Covid 19, di Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Senin (19/4/2021).

Selain Rektor IPDN Hadi Prabowo, sejumlah kepala daerah menjadi narasumber dalam acara tersebut, di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal A Paliwang, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, serta Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda.

Dalam acara yang dihadiri oleh 159 praja, serta 7.000 peserta tersebut, Rektor IPDN mengatakan bahwa stadium general atau kuliah umum merupakan best practices pemerintahan yang dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi praja.

Tujuannya agar Praja dapat memahami lebih awal berbagai cara dan strategi dalam membangun daerah yang dipimpin oleh Gubernur dan Bupati/wali kota.

Baca juga: Update Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021: STIS Paling Diminati, Diikuti STAN dan IPDN

"Praja juga dapat mengambil ilmu atau pembelajaran mengenai praktik berdemokrasi dan dialektika terkait dengan strategi pemenangan pilkada serta harmonisasi visi dan misi kepala daerah dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 5 tahunan yang sesuai dengan RPJMD Provinsi serta RPJMN 2020-2024 Presiden Jokowi," katanya.

Rektor IPDN berharap dengan adanya pembelajaran langsung dari para kepala daerah, para Praja dapat membangun tatanan birokrasi baru menuju governance 4.0 dalam kerangka revolusi industri 4.0 dan society 5.0 melalui penciptaan co-working space yang memperbanyak network dan flexy working time.

"Selain itu, praja juga harus mampu menerapkan birokrasi yang dinamis dan menjadi motor utama penggerak percepatan pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 pada instansi dimanapun mereka ditugaskan kelak," katanya.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar Stadium General secara luring dan daring dengan tema Strategi Pemenangan Pilkada dan Penanganan Covid 19, di Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Senin (19/4/2021).
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar Stadium General secara luring dan daring dengan tema Strategi Pemenangan Pilkada dan Penanganan Covid 19, di Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Senin (19/4/2021). (IPDN)

Gubernur Jatim dalam kuliah umumnya memaparkan mengenai kiat-kiat yang dilakukan daerahnya untuk tetap membuat ekonomi bergeliat ditengah pandemi serta beberapa langkah yang dilakukan untuk mensosialisasikan mengenai bahaya, dampak dan cara pencegahan covid 19.

"Kami berusaha mempersiapkan percepatan disrupsi teknologi digital, meningkatkan ketahanan kesehatan, memperhatikan aspek keamanan dan mempercepat pemulihan ekonomi dengan memastikan bahwa transaksi ekonomi aman dan tumbuh dengan baik," ujar Gubernur Jatim.

Sedangkan Wali Kota Semarang, memaparkan beberapa kebijakan yang dikeluarkan Pemkot pada saat pandemi seperti kebijakan relaksasi (pemangkasan tarif dan retribusi), menggerakan gotong royong melalui lumbung kelurahan, membuat aplikasi yang berisikan sistem informasi terkait covid dan lain sebagainya.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas