Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Menkes Harap Dokter Bisa Beri Suntikan Vaksin Covid-19 di Rumah

Ia melanjutkan, di semester pertama sampai Juni ini target penerima vaksin hanya 92 dosis, lantaran keterbatasan pasokan vaksin.

Menkes Harap Dokter Bisa Beri Suntikan Vaksin Covid-19 di Rumah
Freepik
ilustrasi vaksin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Jelang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 semester II 2021, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap dalam tahapan percepatan ini dokter dapat memberian suntikan dari kediaman tenaga medis itu.

"Untuk tenaga kesehatan termasuk yang menyuntik termasuk dokter bisa dikerahkan, kalau perlu di rumah kita (pemerintah) sediakan vaksin untuk penyuntikan, karena untuk seluruh penduduk akan disuntik dalam tahapan semester kedua tahun ini," ujarnya dalam konferensi pers Halodoc virtual, Rabu (21/4/2021).

Budi menuturkan, pada semester II tahun 2021 ini percepatan proses vaksinasi Covid-19 harus dilakukan untuk mengejar target program ini rampung selama 12 bulan.

Baca juga: Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 akan Diliburkan Saat Idul Fitri

Sesuai rencana, ada 363 juta orang akan menjadi sasaran penyuntikan vaksin virus corona ini.

Ia melanjutkan, di semester pertama sampai Juni ini target penerima vaksin hanya 92 dosis, lantaran keterbatasan pasokan vaksin.

"Jadi sisanya ada sekitar berapa 270, itu akan datangnya di semester 2. Jadi bayangin hampir 3 kali lipat, jadi kesibukannya kita,  kecepatan kita harus naik 3 kali lipat,"

Mantan wakil menteri BUMN ini mengakui, pelaksanaan vaksinasi tidak dapat dijalankan sendiri tanpa kerja sama pihak lain seperti Halodoc maupun asosiasi tenaga kesehatan seperi IDI atau PERSI.

Baca juga: Menkes: Ada Lansia yang Ragu dan Tidak Nyaman Jalani Vaksinasi Covid-19

"Akan terus bekerja sama (dengan halodoc) sampai akhir tahun. Sesudah Julinya akan lebih kenceng lagi vaksinasinya. Nanti dibantu juga untuk seluruh asosiasi, tenaga kesehatan untuk menyuntik vaksin," ungkap Menkes Budi.

Tercatat hingga 20 April ini, ada 11 juta warga negara Indonesia yang telah menerima suntikan vaksin Covid-19 baik dosis pertama dan kedua.

Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas