Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Peringati Hari Bumi Sedunia, Puan Maharani: Planet yang Sehat Bukanlah Pilihan, Melainkan Kebutuhan

Puan Maharani mendukung semua upaya memulihkan dan melestarikan lingkungan dan alam Indonesia.

Peringati Hari Bumi Sedunia, Puan Maharani: Planet yang Sehat Bukanlah Pilihan, Melainkan Kebutuhan
Tribunnews.com, Chaerul Umam
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara penanaman pohon untuk peringati Hari Bumi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung semua upaya memulihkan dan melestarikan lingkungan dan alam Indonesia.

Dukungan itu ditunjukkan Puan dengan menanam pohon pada Hari Bumi Sedunia (Earth Day) yang diperingati setiap 22 April.

"Kita harus memulihkan bumi tidak saja karena kita peduli dengan alam, tetapi karena kita hidup di atasnya. Kita membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan, kelangsungan hidup, dan kebahagiaan kita. Planet yang sehat bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan,” kata Puan, dalam acara penanaman pohon untuk peringati Hari Bumi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Tema Hari Bumi tahun ini adalah “Restore Our Earth” atau Pulihkan Bumi Kita. Tema ini fokus pada proses alam, teknologi hijau yang sedang berkembang, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia.

Restore Our Earth juga bermakna bahwa mitigasi atau adaptasi bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi perubahan iklim.

Setiap tahun, lebih dari 1 miliar orang di 192 negara berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Ikut Peringati Earth Day 2021 atau Hari Bumi Sedunia, Ini Sejarahnya

Puan menambahkan, DPR RI juga ingin menjadi bagian dari 1 miliar orang yang merayakan Hari Bumi. Untuk itulah DPR RI melakukan penanaman pohon guna menambah penghijauan di Kompleks DPR RI.

"Saya meyakini bahwa melestarikan alam adalah bagian dari perjuangan ideologis," ucap Puan.

Dia berharap ibadah puasa yang sedang dijalankan tidak mengurangi semangat untuk membuat lingkungan sekitar yang telah hijau menjadi lebih hijau. 

"Manusia dan pohon memiliki hubungan ketergantungan. Manusia akan selalu bergantung pada keberadaan pohon. Demikian pula sebaliknya. Masing-masing dari keduanya memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Pohon yang memberikan kehidupan dan berbagai sumber daya untuk manusia. Sebaliknya, manusialah yang menanam, menjaga, serta merawat pohon," ujar Puan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas