Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Megawati Keluarkan Surat Perintah Harian soal Kesiapsiagaan Bencana, Begini Isinya

Terbitnya surat perintah harian itu dikabarkan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Rabu (28/4/2021). 

Megawati Keluarkan Surat Perintah Harian soal Kesiapsiagaan Bencana, Begini Isinya
Ist
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengeluarkan surat perintah harian kepada seluruh kader di seantero Nusantara. Isinya mengenai kesiapsiagaan menghadapi bencana. 

Terbitnya surat perintah harian itu dikabarkan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Rabu (28/4/2021). 

Dalam suratnya, Megawati menjelaskan, letak Indonesia yang berada di jalur gunung berapi dunia (Ring of Fire), dan pertemuan tiga lempeng tektonik. 

Hal tersebutlah yang berpotensi menyebabkan gempa bumi vulkanik dan tektonik dari skala kecil hingga besar. Dan jika terjadi di laut, dapat menimbulkan bencana tsunami. 

Baca juga: Megawati Minta Dipersiapkan Karangan Bunga Merah Putih yang Dirangkai Khusus Untuk Awak KRI Nanggala

"Bahwa bencana alam, dan bencana non-alam, bencana basah maupun kering, termasuk akhir-akhir ini muncul bencana lingkungan berupa siklon tropis sebagai dampak perubahan iklim global dengan eskalasi yang semakin meningkat," demikian ungkap Megawati, dalam keterangannya, Rabu (28/4/2021). 

Baca juga: Hasto: Urusan Penanganan Bencana, Ibu Megawati Lebih Heboh dari Pemilu

Selanjutnya, Megawati menyatakan PDIP telah melakukan kerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

Hal itu dalam upaya membantu rakyat Indonesia di dalam membangun kesadaran dan kewaspadaan terhadap bencana, serta memperkuat kemampuan di dalam mitigasi bencana dan penanganan tanggap darurat. 

Berdasarkan hal tersebut, mengingat 26 April lalu adalah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, maka Megawati menyerukan kepada seluruh kader. 

"Setiap tanggal 26 di setiap bulannya, seluruh Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, Pimpinan DPRD, Kader dan Anggota Partai di seluruh Indonesia untuk mengadakan Simulasi Penanganan Bencana, yang pelaksanaannya bekerja sama dengan instasi terkait penanganan bencana," begitu perintah pertama Megawati. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas