Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Saiful Mujani Sebut Jokowi Lebih Sering Berbicara Pembangunan Ekonomi, Begini Tanggapan PAN 

PAN tanggapi penilaian Saiful Mujani yang sebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprioritaskan pembangunan ekonomi dalam agenda kerjanya.

Saiful Mujani Sebut Jokowi Lebih Sering Berbicara Pembangunan Ekonomi, Begini Tanggapan PAN 
Taufik Ismail/Tribunnews.com
Viva Yoga Mauladi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Politik sekaligus pendiri Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) Saiful Mujani menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprioritaskan pembangunan ekonomi dalam agenda kerjanya.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menilai sebenarnya Presiden Jokowi telah bekerja keras untuk memberantas pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional dapat seiring dan sinergis. 

Hanya saja, kata dia, aspek kesehatan dan ekonomi memang sudah seharusnya diselesaikan secara pararel.

"Kebijakan seperti itu tentu akan melahirkan kebijakan yang bersifat tidak normal. Kebebasan masyarakat berkurang karena aturan protokol kesehatan. Kondisi seperti ini kemudian memicu potensi instabilitas sosial politik karena faktor Covid dan dampak ekonomi nasional," ujar Viva, ketika dihubungi Tribunnews.com, Senin (3/5/2021). 

Baca juga: Wakil Ketua Umum Pede Banyak Kader PAN akan Join Partai Ummat

Untuk itu, PAN berpandangan bahwa kebebasan berpendapat dan berserikat sesuai dengan amanat UUD 1946 tidak ditutup oleh pemerintah. 

Menurut Viva, publik bebas menyuarakan aspirasinya. Akan tetapi PAN meminta meski terbuka kran kebebasan berpendapat, harus disertai kewajiban untuk bertanggung jawab.

"Makanya penerapan Undang-undang yang berkaitan dengan hal tersebut, semisal UU ITE, UU pers dan lainnya harus konsisten, adil, dan obyektif," kata Viva. 

Sebelumnya diberitakan, Peneliti Politik sekaligus pendiri Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) Saiful Mujani menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprioritaskan pembangunan ekonomi dalam agenda kerjanya.

Meski mengaku setuju dengan hal tersebut, Saiful mengkritisi tentang cara yang dicapai Jokowi dalam mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Pedagang dan Pelayan Toko di Mall Kenakan Masker

Menurutnya jika diperhatikan, lebih dari 70% pernyataan Jokowi berbicara tentang pembangunan ekonomi

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas