Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Jokowi: Pandemi Covid-19 Berikan Pelajaran Luar Biasa 

Pandemi Covid-19 lebih dari setahun terakhir telah memberikan sejumlah pelajaran luar biasa dalam perencanaan pembangunan.

Jokowi: Pandemi Covid-19 Berikan Pelajaran Luar Biasa 
Freepik
ilustrasi virus corona - Update Virus Corona Global 1 Mei 2020: Total 3,3 Juta Orang Terinfeksi, 1 Juta Orang Telah Sembuh 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara di dunia lainnya lebih dari setahun terakhir telah memberikan sejumlah pelajaran luar biasa dalam perencanaan pembangunan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2021, di Istana Negara, Selasa, (4/5/2021).

"Pertama, sebaik apapun perencanaan yang sudah kita buat, kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat untuk menyesuaikan dengan tantangan dan peluang peluang," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Pedagang dan Pelayan Toko di Mall Kenakan Masker

Perubahan cepat tersebut kata Jokowi terutama terkait dengan cara yang dilakukan menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19. 

"Yang tidak berubah adalah tujuan utamanya yaitu untuk mensejahterakan rakyat, untuk memajukan bangsa, tetapi caranya seringkali harus berubah karena tantangan dan peluangnya setiap saat juga bisa berubah-rubah," katanya.

Baca juga: Jokowi: Jangan Merasa Situasi Pandemi Covid-19 Sudah Aman

Kedua kata Presiden, Pandemi Covid-19 juga memberikan pelajaran mengenai betapa pentingnya sinergi kekuatan bangsa untuk memecahkan masalah yang timbul karena wabah virus Corona atau SARS-CoV-2 itu.

Mulai dari masalah kesehatan hingga perekonomian.

"Disiplin protokol kesehatan, testing, tracing, treatment dan vaksinasi membutuhkan dukungan dari semua, dari seluruh komponen bangsa. Butuh keaktifan dari seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai daerah. Demikian pula produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampai yang besar yang besar untuk memproduksi alat-alat kesehatan dan obat. Juga dukungan dari negara lain. Ini juga sangat diperlukan," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas