Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Bantah Terima Fee, Sekjen Kemensos Sempat Dikirimi Sepeda Brompton sebelum Dikembalikan

"Tidak pernah dapat uang dari bansos," ujar Hartono, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021). 

Bantah Terima Fee, Sekjen Kemensos Sempat Dikirimi Sepeda Brompton sebelum Dikembalikan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sekjen Kemensos Hartono Laras. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen Kementerian Sosial (Kemensos) Hartono membantah bahwa dirinya menerima fee dari pengadaan bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 dalam sidang pemeriksaan saksi atas terdakwa eks Mensos Juliari Peter Batubara. 

"Tidak pernah dapat uang dari bansos," ujar Hartono, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021). 

Akan tetapi, Hartono mengaku dikirimi sepeda merk Brompton dari Adi Wahyono melalui supir yang bersangkutan. 

Adi Wahyono sendiri merupakan Kabiro Umum Kemensos sekaligus pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19 periode Oktober-Desember 2020 sekaligus kuasa pengguna anggaran (KPA) pada bulan April-September 2020.

Baca juga: Sekjen Kemensos Sebut BPKP Temukan Kemahalan Bayar Rp74 M terkait Pengadaan Bansos Sembako 

"Saya dikirimi sepeda Brompton dari Adi Wahyono melalui sopirnya karena saya memang sudah lama cari Brompton itu. Hanya saya tidak pernah minta bantuan Adi Wahyono cuma dia tahu saya lagi cari Brompton," kata Hartono.

Hartono menegaskan tak pernah meminta bantuan Adi jnjtk mencarikannya sepeda. Hanya saja Adi mengetahui bahwa dirinya mencari sepeda untuk digunakan dalam acara Fun Bike 17 Agustus di Kemensos. 

Sempat tidak dijawab oleh Adi darimana asal sumber sepeda itu, Hartono akhirnya mengetahui bahwa sepeda itu dibayarkan oleh Matheus Joko Santoso yang menjabat sebagai PPK pengadaan bansos sembako Covid-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos periode April-Oktober 2020.

"Harganya saya tidak tahu berapa dan sumber uangnya juga tidak tahu dari mana. Saya tanya dapat dari mana sepedanya dia tidak jawab. Akan tetapi, tidak berapa lama saya tahu sepeda dibayarkan Joko," kata Hartono.

Baca juga: Eks Mensos Juliari Batubara Kerap Sewa Pesawat Pakai Dana Hibah Kemensos

"Ada yang menginformasikan itu uangnya dari Joko, lalu akhinya saya dapat informasi bahkan soal siapa yang menjual lalu saya cari untuk mendapat kebenaran dari pemberian sepeda itu," imbuhnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas