Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kerumunan Massa di Acara Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Cecar Ahli Soal Penyebaran Berita Bohong Lewat Contoh Kasus

Moment terdakwa Rizieq Shihab cecar saksi ahli soal penyebaran berita bohong di sidang lanjutan perkara hasil swab test Covid-19 di RS UMMI.

Rizieq Shihab Cecar Ahli Soal Penyebaran Berita Bohong Lewat Contoh Kasus
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Jalannya sidang lanjutan kasus hasil test swab palsu RS UMMI Bogor atas terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sidang lanjutan perkara hasil swab test Covid-19 di Rumah Sakit (RS) UMMI atas terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) kembali digelar di ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).

Kali ini sidang beragendakan pemeriksaan dua saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) yakni ahli sosiologi hukum dari Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah dan Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono.

Dalam persidangan, Trubus Rahardiansyah mendapat pertanyaan dari Rizieq Shihab  perihal penyebaran berita bohong.

Baca juga: Kuasa Hukum Rizieq Shihab Siap Gali Keterangan Saksi Terkait Perkara Hasil Tes Swab RS UMMI

Mulanya Rizieq Shihab mengambil contoh yang berkaitan dengan perkara tersebut dan menjabarkannya kepada Trubus dengan menggambarkan adanya tiga pihak bersangkutan.

"Saya contohkan, ada seorang ayah, anak dan dokter, lalu ayah itu ketemu dokter dan ditanya apakah anda (sang ayah) sehat? Ayah jawab sehat-sehat aja karena merasa segar, bisa makan dengan baik, lalu dokter menyarankan bagaimana kalau test PCR? karena saat itu lagi masa pandemi Covid-19, lalu dilakukan dan ayah setuju untuk melakukan swab," tutur Rizieq dalam persidangan, Rabu (5/5/2021).

Dengan menjabarkan contoh kasus seperti itu, lantas Rizieq Shihab melayangkan pertanyaan kepada Trubus.

Pertanyaan yang dilayangkan Rizieq itu mengenai pernyataan seorang ayah dalam contoh kasusnya yang mengatakan kondisinya sedang sehat.

Karena kata dia saat itu belum dilakukan tes apapun, hanya berdasarkan apa yang dirasa oleh badan sang ayah dalam contohnya itu.

"Lantas, apakah jawaban si ayah di jawaban pertama kepada dokter apakah bohong? sedangkan dia belum tau hasil tes nya bahkan belum dilakukan tes swab, apakah itu bohong?," tanya Rizieq Shihab kepada Trubus.

Baca juga: Rizieq Shihab Dijadwalkan Jalani Sidang Perkara Test Swab RS UMMI Hari Ini

Menanggapi pertanyaan Rizieq, lantas Trubus memberikan jawaban singkat dengan menyatakan kalau yang disampaikan sang ayah dalam contoh kasus Rizieq Shihab itu tidak berbohong.

Halaman
123
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas