Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Terbukti Suap Eks Mensos Juliari, Harry Van Sidabukke Divonis 4 Tahun Penjara dan Denda Rp100 Juta

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis pidana 4 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 4 bulan kurungan terhadap penyuap eks

Terbukti Suap Eks Mensos Juliari, Harry Van Sidabukke Divonis 4 Tahun Penjara dan Denda Rp100 Juta
Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama
Harry Van Sidabukke memperagakan pembayaran suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek pada Kementerian Sosial RI lewat sebuah gitar berisi uang Rp 150 juta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis pidana 4 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 4 bulan kurungan terhadap penyuap eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, Harry Van Sidabukke.

Harry yang berprofesi sebagai konsultan hukum dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan menyuap Juliari dan dua eks Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos, Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso senilai Rp1,28 miliar.

Uang itu diberikan agar mendapat kuota paket pengadaan bansos sebanyak 1.519.256 paket. Pengadaan paket itu dilakukan melalui PT Pertani (Persero) dan melalui PT Mandala Hamonangan Sude.

"Menjatuhkan pidana penjara 4 tahun dan denda Rp100 juta apabila tidak dibayar diganti 4 bulan kurungan," ujar hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Adapun hal yang memberatkan putusan yakni perbuatan Harry tidak mendukung program pemerintah dan upaya memberantas tindak pidana korupsi. Harry juga melakukan perbuatan korupsi dalam kondisi penanganan wabah virus.

Sedangkan hal meringankan, Harry belum pernah dihukum, menyesali perbuatannya, dan masih punya tanggungan keluarga.

Baca juga: Ardian Iskandar, Penyuap Eks Mensos Juliari Batubara Divonis 4 Tahun Penjara

Diketahui vonis hakim ini sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang sebelumnya menuntut Harry Van Sidabukke dengan pidana 4 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 4 bulan kurungan. 

Vonis ini sama persis dengan vonis yang diberikan kepada satu penyuap Juliari lainnya, yakni Direktur Utama PT Tigapilar Agro Utama Ardian Iskandar Maddanatja. Ardian terbukti menyuap Juliari Rp1,95 miliar.
 

Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas