Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2024

Elektabilitas Kepala Daerah Tertinggi Jelang 2024, Zulkieflimansyah di Timur, Anies di Barat

Lembaga Survei KedaiKOPI merilis elektabilitas kepala daerah yang tertinggi di masing-masing bagian Indonesia, jelang Pemilu Presiden 2024 mendatang. 

Elektabilitas Kepala Daerah Tertinggi Jelang 2024, Zulkieflimansyah di Timur, Anies di Barat
TRIBUNNEWS.COM/IST
Gubernur Zulkieflimansyah mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo- Ma?ruf Amin yang telah memenangi kontestasi Pilpres 2019, untuk memegang amanah sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei KedaiKOPI merilis elektabilitas kepala daerah yang tertinggi di masing-masing bagian Indonesia, jelang Pemilu Presiden 2024 mendatang. 

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengatakan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah memiliki elektabilitas tertinggi di wilayah timur. 

"Nama Zulkieflimansyah mendapatkan nilai tertinggi di antara kepala daerah dari Indonesia Timur dengan nilai 20,8%, diikuti dengan Gubernur Bali, I Wayan Koster dengan 15,2%, dan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dengan 12,3%," ujar Kunto Adi, dalam rilis survei bertajuk 'Peluang dari Timur' yang disiarkan di YouTube channel milik Refly Harun, Kamis (6/5/2021). 

Sementara di wilayah Indonesia bagian barat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduduki posisi tertinggi dari survei yang diselenggarakan pada 10 - 19 April 2021 lalu itu. 

Anies diketahui mendapatkan nilai tertinggi dengan 38,2%. Namanya kemudian diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan nilai 29,0%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 21,0%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 9,6%, dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah 2,2%.

Survei KedaiKOPI
Survei KedaiKOPI (screenshot)

Kunto menambahkan bahwa survei ini juga mengulik pendapat masyarakat mengenai tokoh dari Indonesia Timur. 

Baca juga: Survei Capres Litbang Kompas: Prabowo, Anies, dan Ganjar Bersaing Jika Pilpres Diadakan Saat Ini

"Nama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi tertinggi dengan 35,5%, lalu ada Mantan Ketua KPK Abraham Samad dengan 24,8%, diikuti Mantan Wakil Wali Kota Palu Pasha Ungu dengan 11,3%, Zulkieflimansyah dengan 9,6%, dan Mantan Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi dengan 4,9%." ungkap Kunto.

Survei ini juga mengungkapkan kombinasi ideal capres-cawapres pilihan masyarakat. Kombinasi militer dan sipil menjadi pilihan utama (41,0%), diikuti oleh sipil-militer (25,2%), sipil-sipil (22,1%), dan militer-militer (11,7%).

Sementara itu, analis komunikasi politik sekaligus founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio mengungkapkan bahwa hasil survei ini bisa menjadi pertanda bahwa akan ada tokoh dari Indonesia Timur di Pilpres 2024 terutama setelah kehadiran Jusuf Kalla di pilpres-pilpres sebelumnya. 

"Minimal sebagai Cawapres. Mengacu pada hasil survei yang banyak menginginkan kombinasi Militer-Sipil atau Sipil-Sipil, sangat mungkin nama seperti Zulkiflimansyah atau tokoh masyarakat lain seperti Abraham Samad dan TGB Zainul Majdi muncul sebagai kandidat kuat Cawapres yang datang dari Timur Indonesia," ujar Hendri.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas