Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Wapres: Kembangkan Wisata Halal, Literasi ‘Wisata Syariah’ Harus Ditingkatkan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memastikan pemerintah terus berusaha meningkatkan literasi masyarakat mengenai ekonomi syariah, termasuk pentingnya mengemb

Wapres: Kembangkan Wisata Halal, Literasi ‘Wisata Syariah’ Harus Ditingkatkan
Kementerian Pariwisata
Salah satu tujuan wisata halal adalah Pantai Santen, Banyuwangi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memastikan pemerintah terus berusaha meningkatkan literasi masyarakat mengenai ekonomi syariah, termasuk pentingnya mengembangkan wisata halal.

Pasalnya, rendahnya literasi masyarakat dalam memahami ekonomi syariah menjadi tantangan tersendiri dalam upaya mengembangkan wisata halal.

"Ekonomi syariah itu sesuatu yang baik, yang berkeadilan, yang membawa kebaikan dari berbagai sektor," kata Wapres Ma'ruf dalam keterangan Setwapres yang diterima, Kamis (06/05/2021).

Misalnya dalam sektor pariwisata, Ma'ruf menyebut pengembangan wisata halal memiliki potensi yang besar untuk menarik wisatawan.

Akan tetapi menurutnya pengembangan wisata halal di Indonesia, saat ini masih terhambat rendahnya literasi masyarakat, sehingga timbul mispersepsi bahwa wisata halal berarti wisatanya disyariahkan. Akibatnya, beberapa daerah keberatan mengaplikasikan konsep wisata halal ini.

"Tentu kita ingin menghilangkan persepsi yang salah tentang wisata halal atau wisata syariah. Sepertinya ada kesan bahwa wisata syariah itu wisatanya akan disyariahkan. Kemudian, ada daerah-daerah yang keberatan," sambungnya.

Padahal, menurut Wapres, yang dimaksud konsep wisata halal adalah penyediaan layanan-layanan syariah di setiap destinasi wisata.

"Di situ kita ingin nanti di tempat-tempat wisata itu ada layanan syariah, layanan halal, restoran halal, ada tempat salat," paparnya.

Baca juga: Polisi Sarankan Destinasi Wisata Ditutup Selama Masa Larangan Mudik

Ma'ruf pun mencontohkan kota Beijing di Tiongkok yang telah menerapkan konsep wisata halal ini.

"Saya pernah ke Beijing. Di Beijing itu ada restoran halal, ada tempat salat. Layanannya itu dari (pemerintah kota) Beijing, sehingga banyak saya lihat (wisatawan) dari Malaysia, Brunei, Singapura, dan dari beberapa negara lain itu banjir ke sana dan mereka nyaman," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas