Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemnaker Target Balai Latihan Kerja Batam Rampung Tahun 2024

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerima kunjungan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, di Kantor Kemnaker, Jakarta pada Jumat (7/5/2021)

Kemnaker Target Balai Latihan Kerja Batam Rampung Tahun 2024
Ist
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menerima kunjungan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, di Kantor Kemnaker, Jakarta pada Jumat (7/5/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerima kunjungan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, di Kantor Kemnaker, Jakarta pada Jumat (7/5/2021).

Pokok pembahasan keduanya yakni terkait pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kawasan Industri Batam yang sudah direncanakan sejak tahun 2018, namun belum direalisasikan.

Padahal hingga saat ini belum ada satu pun kawasan industri disana yang memiliki BLK Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP) milik Kemnaker.

Ida Fauziyah mengatakan BLK Kota Batam akan difokuskan pada program pelatihan kerja yang dikhususkan pada jenis-jenis kejuruan yang dibutuhkan oleh industri-industri di sekitar kawasan Batam.

"Ketersediaan pelatihan kerja akan merujuk pada pertumbuhan dan perkembangan industri di sekitar Batam serta disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerjanya," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Pembangunan BLK Batam disebut akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dan diperkirakan akan memakan waktu selama tiga tahun, mulai tahun 2021 dan rampung tahun 2024.

Ida menjelaskan, SDM yang akan dihasilkan oleh BLK Kota Batam ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri, baik di wilayah Kota Batam maupun Provinsi Kepri secara keseluruhan.

Beberapa kejuruan yang menurutnya direkomendasikan di BLK itu mulai dari las, teknik manufaktur, teknik listrik, logistik, teknologi informasi komunikasi, otomotif, pariwisata dan garment apparel.

"BLK Batam yang akan dibangun di lahan seluas 4,2 hektar ini bisa menjadi pusat tenaga kerja terampil di Kawasan Industri Kabil, dengan begitu BLK Batam juga dapat memenuhi tenaga kerja terampil di wilayah Kota Batam dan Provinsi Kepri," kata Menaker Ida.

Menaker berharap, BLK Kota Batam ini dapat memberi kontribusi yang sangat berarti terhadap penyediaan tenaga kerja terampil melalui pelaksanaan program pelatihan yang link and match dengan kebutuhan di daerah Batam.

Baca juga: Kemnaker Vaksinasi 1000 Pekerja Lintas Sektor Dalam 3 Tahap

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas