Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kolaborasi BPIP dengan Gerakan PKK Solo dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila

Romo Benny juga menyatakan BPIP akan segera merilis buku bahan ajar Pendidikan Pancasila untuk pendidikan tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi.

Kolaborasi BPIP dengan Gerakan PKK Solo dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila
Istimewa
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PPK) Kota Solo menghasilkan komitmen kerja sama dalam pembumian dan internalisasi nilai-nilai Pancasila. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PPK) Kota Solo menghasilkan komitmen kerja sama dalam pembumian dan internalisasi nilai-nilai Pancasila.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo, yang akrab disapa Romo Benny menjelaskan hal itu tercapai ketika melakukan audiensi dengan Gerakan PKK Kota Solo yang diwakili oleh Ketua Penggerak PKK Solo, Selvi Ananda pada Jumat (7/5/2021) lalu.

Romo Benny mengatakan bahwa Gerakan PKK sangat penting dalam perluasan jaringan dan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"BPIP harus melakukan sosialisasi sampai pada lapisan yang paling bawah, dan kepada berbagai kalangan; PKK memiliki peran yang sangat besar dan dalam, sampai ruang lingkup keluarga," ujarnya kepada Tribunnews.com dalam keterangan tertulis kepada Tribunnews.com, Minggu (9/5/2021).

Menurutnya, keluarga adalah titik utama dan awal dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila pada masyarakat Indonesia.

"Di dalam keluarga lah anak-anak diajarkan nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan lima sila Pancasila; Pancasila diurai dalam kehidupan berkeluarga," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Selvi Ananda, istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, menurutnya keluarga adalah pengembang karakter.

"Gerakan PKK menyasar pada keluarga, karena dari keluarga lah pengembangan karakter, budi pekerti, nilai agama, diajarkan kepada anak-anak. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa," kata Selvi.

"Ibu adalah soko guru dalam keluarga. Lewat ibu lah, keluarga mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Oleh karena itu, gerakan PKK menjadi sangat penting dalam pembumian Pancasila," kata Romo Benny menambahkan.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PPK) Kota Solo menghasilkan komitmen kerja sama dalam pembumian dan internalisasi nilai-nilai Pancasila.
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PPK) Kota Solo menghasilkan komitmen kerja sama dalam pembumian dan internalisasi nilai-nilai Pancasila. (Istimewa)

Dia pun memberikan contoh agar ibu dapat mengangkat kembali kisah dongeng dan permainan tradisional dalam keluarga.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas