Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

Cegah Gelombang Covid-19, Puan Minta Pemda Tracing Pemudik yang Terobos Penyekatan

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah daerah melakukan tracing pemudik yang menerobos penyekatan di beberapa titik. 

Cegah Gelombang Covid-19, Puan Minta Pemda Tracing Pemudik yang Terobos Penyekatan
dok. DPR RI
Ketua DPR RI Dr. (H. C.) Puan Maharani saat meninjau pelaksanaan larangan mudik di Pelabuhan ASDP Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (9/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah daerah melakukan tracing pemudik yang menerobos penyekatan di beberapa titik. 

“Kami memantau yang terjadi di lapangan, termasuk kabar ribuan pemudik yang melewati batasan mobilitas selama berlakunya aturan peniadaan mudik,” kata Puan, saat meninjau Tol Cikampek, di Cikarang Barat, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021).

“Saya mengingatkan agar disiapkan prosedur dan antisipasinya jika akhirnya ada semacam arus balik pergerakan dari orang-orang yang lolos itu,” imbuhnya. 

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengaku semakin khawatir setelah mendengar hasil tes random yang dilakukan pemerintah terhadap pemudik seiring dengan pengetatan yang dilakukan Polri di 381 lokasi serta Operasi Ketupat.

Diketahui, dari 6.742 pemudik yang dites, 4.123 di antaranya terkonfirmasi positif.

Sebanyak 4.123 pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, kata Puan, harus dilacak keberadaannya guna memutus rantai penyebaran virusnya.

Baca juga: Hendak Mudik Disuruh Putar Balik, Seorang Ibu Menangis hingga Pingsan, Begini Akhirnya

“Saya harap pemerintah daerah bergerak penuh melakukan tracing terhadap orang-orang ini,” ucap legislator dari daerah pemilihan Jawa Tengah V tersebut.“Ini angka yang sangat tinggi dan perlu dilacak benar-benar. Kita perlu tahu posisi mereka sekarang di mana? Ke mana mereka setelah dinyatakan hasil tes-nya positif, apakah diisolasi atau kembali bergerak?” sambung Puan.

Oleh karena itu, selain melakukan tracing, perempuan kelahiran Jakarta itu meminta pemerintah menyiapkan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk mengantisipasi gelombang peningkatan kasus Covid-19 usai Lebaran nanti.

“Kita tidak ingin terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 pasca lebaran, tetapi kita harus selalu siap,” pungkasnya.
 

Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas