Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Arus Balik Mudik Lebaran

2 Hari Polda Metro Tes Swab Antigen ke Para Pemudik secara Acak, 84 Orang Positif Covid-19

Polda Metro Jaya menjelaskan soal kebijakan pos penyekatan hingga tes swab antigen secara acak bagi para pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek.

2 Hari Polda Metro Tes Swab Antigen ke Para Pemudik secara Acak, 84 Orang Positif Covid-19
Tribun Jabar/ZELPHI
Petugas Polretabes Bandung memasang stiker di sudut kanan kaca depan kendaraan yang sudah selesai pemeriksaan kelengkapan dokumen kesehatan dan izin perjalanan saat pandemi covid-19 di posko penyekatan arus balik di Bunderan Cibiru, Kota Bandung, Sabtu (15/05/2021). Posko cek poin beroperasi dalam rangka antisipasi mobilitas libur lebaran 2021 sejak 6 - 17 Mei mendatang. Dalam pelasanaannya cek poin dikomandoi oleh kepolisian dan bersinergi dengan TNI serta dibantu Dishub, Satpol PP dan tim Kesehatan serta PMI secara keseluruhan tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19. Hal tersebut seperti diungkapkan Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna. (Tribun Jabar/Zelphi) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya menjelaskan soal kebijakan pos penyekatan hingga tes swab antigen secara acak bagi para pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek.

Diketahui, kini ada 14 pos penyekatan sekaligus posko swab antigen di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Bagi mereka yang tak membawa surat bebas Covid-19, maka akan dites swab antigen di posko penyekatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mencata pemudik yang telah diswab antigen. Yusri mengatakan, selama dua hari, sudah ada 15.024 orang yang diswab antigen.

"Yang nonreaktif jumlahnya sekitar 14.940 orang," katanya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/5/2021).

Sementara itu, jumlah yang reaktif Covid-19 di bawah 100 orang.

"Yang kita temui di jalan raya, atau pemeriksaan penyekatan di 14 pos, serta polsek-polsek yang kita lakukan swab antigen gratis bagi para pemudik, juga yang kita datangi ke rumah-rumah melalui tiga pilar yang kita stempel menggunakan stiker itu jumlahnya yang positif 84 orang," kata Yusri.

Pihaknya pun mengambil tindakan dengan meminta orang yang positif untum melakukan isolasi.

"Isolasi mandiri itu 46 orang, kemudian yang kita rujuk ke Wisma Atlet itu 33 orang, dan rujukan lain 5 orang," katanya.

Baca juga: Bertambah 2, Kini Ada 14 Posko Swab Antigen bagi Pemudik Hendak ke Jabodetabek

Rujukan lain yang dimaksud Yusri yakni berkaitan dengan lokasi dinyatakan positif Covid-19 dan domisili tempat tinggal.

"Contoh di Tangerang kemarin ada dua yang dinyatakan positif Covid-19 tapi tempat tinggalnya di Tangerang Kabupaten. Sehingga kita berkoordinasi dan memang disarankan untuk menjalankan isolasi di rumah tempat khusus yang disiapkan oleh kantor bupati Tangerang. Ini yang saya katakan tempat rujukan lainnya," pungkasnya .

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas