Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

Pimpinan DPR: Pemerintah Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19 Melalui Pelarangan Mudik

DPR mengapresiasi pemerintah yang dinilai telah berhasil mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui pelarangan mudik

Pimpinan DPR: Pemerintah Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19 Melalui Pelarangan Mudik
/Jeprima
Petugas medis saat melakukan tes covid-19 kepada sejumlah warga yang melakukan mudik kekampung halaman saat Lebaran di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021). Sebanyak 71 pemudik yang telah kembali ke Jakarta menjalani tes guna mencegah penyebaran covid-19 pada warga usai mudik. Pantauan Tribunnews dilapangan sejumlah warga terlihat datang satu persatu guna memenuhi undangan dari RT masing-masing untuk mengikuti tes Covid-19. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi pemerintah yang dinilai telah berhasil mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui kebijakan penanganan dan pelarangan mudik lebaran 2021.

"Menurut saya pemerintah cukup berhasil dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan melarang warga untuk mudik. Meski masih ada sebagian kecil yang nekat mudik, tapi bagi saya secara keseluruhan sudah cukup berhasil," kata Dasco melalui keterangannya, Rabu (19/5/2021).

Dasco menambahkan, seandainya pemerintah tidak melakukan mitigasi ancaman Covid melalui pelarangan mudik, angka pengidap Covid-19 bisa berpotensi naik secara drastis.

Mengingat, mudik sangat identik dengan keramaian dan kerumunan.

Selain mengapresiasi kebijakan pemerintah tersebut, Dasco juga memuji kinerja aparat kepolisian yang telah sungguh-sungguh melakukan penyekatan di sejumlah kawasan perbatasan.

Tak sedikit jumlah kendaraan yang dipaksa harus memutar balik dan batal mudik.

Baca juga: Aturan Perjalanan setelah Berakhirnya Larangan Mudik, Berlaku 18-24 Mei 2021

Baca juga: Pemudik 1,5 Juta: Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Potensi Gelombang Baru Covid-19

"Para aparat sudah sangat kerja keras di jalanan. Mereka rela panas-panasan dan tidak Lebaran di rumah demi tugas negara. Saya angkat topi juga untuk mereka," ucap Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.

Namun, Dasco juga menyesalkan masih ada oknum masyarakat yang nekat mudik bahkan melawan aparat kepolisian saat diberhentikan, seperti yang videonya viral di kawasan Bekasi, Sukabumi dan Banten.

Petugas mendata sejumlah pemudik yang baru saja tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa, (18/5/2021). Pantauan Tribunnews di lapangan, terdapat empat penumpang yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasar uji rapid test antigen. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kasus aktif di Jakarta bergerak fluktuatif selama dua pekan terakhir. Pada tanggal 3 Mei 2021 ada peningkatan kasus aktif dari 7.039 menjadi 7.266 pada 15 Mei 2021. Pencatatan itu mengalami penurunan menjadi 7.146 pada 16 Mei 2021. Tribunnews/Jeprima
Petugas mendata sejumlah pemudik yang baru saja tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa, (18/5/2021). Pantauan Tribunnews di lapangan, terdapat empat penumpang yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasar uji rapid test antigen. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kasus aktif di Jakarta bergerak fluktuatif selama dua pekan terakhir. Pada tanggal 3 Mei 2021 ada peningkatan kasus aktif dari 7.039 menjadi 7.266 pada 15 Mei 2021. Pencatatan itu mengalami penurunan menjadi 7.146 pada 16 Mei 2021. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Seharusnya, lanjut Dasco, masyarakat memiliki kesadaran dan memahami pertimbangan kenapa aturan mudik dilarang.

"Semua orang pasti ingin merayakan hari raya bersama keluarga di kampung halaman. Tapi kondisi saat ini tidak memungkinkan. Kita tidak hidup sendirian, jadi kita tidak boleh menggampangkan situasi pandemi ini," pungkas Dasco.

Penulis: chaerul umam
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas