Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Doni Monardo Dinilai Layak Jadi Dubes RI Untuk Spanyol

Nama mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dinilai layak menjadi Duta Besar Indonesia untuk Spanyol.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Doni Monardo Dinilai Layak Jadi Dubes RI Untuk Spanyol
Istimewa
Doni Monardo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dinilai layak menjadi Duta Besar Indonesia untuk Spanyol.

Sejumlah prestasi Doni Monardo membuat keberadaan mantan kepala BNPB tersebut dinilai akan membawa dampak positif bagi hubungan bilateral Indonesia dengan Spanyol.

Hal itu disampaikan pemerhati pemerintahan yang juga mantan komisioner Kompolnas, Andrea H Poeloengan kepada wartawan, Rabu (26/5/2021).

Dia menyebut sejumlah prestasi yang dimaksud antara lain mengatasi lahan gundul, mencegah potensi konflik, hingga melakukan pencegahan kebakaran hutan.

"Doni Monardo memiliki prestasi di bidang pencegahan-penyelesaian konflik dan bencana. Kemampuan tersebut mungkin bermanfaat bagi Spanyol yang sedang menghadapi situasi dinamis dari Catalonia," kata Andrea dalam keterangannya, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Erick Tohir Terpukau Lihat Petani Kenakan Jersey Inter Milan Terbaru, Tanya Alamat dan Janjikan Ini

Rekomendasi usulan Andrea itu juga didasari latar belakang akademis Doni Monardo yang dinilai cukup mumpuni untuk menjadi seorang Duta Besar.

BERITA TERKAIT

Anugerah Doktor Kehormatan yang diterimanya dari IPB University, membuat Doni Monardo pasti lebih mudah berinteraksi di kancah internasional.

"Anugerah Doktor Kehormatan dari IPB University merupakan puncak prestasi dalam bidang akademis (Doni Monardo)," ucapnya.

Andrea pun meyakini hubungan Indonesia dengan Spanyol akan semakin kuat, jika mantan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu menjadi Duta Besar Indonesia di Spanyol.

Baca juga: Pimpinan DPD: Kita Sepakat UU Larangan Minol Akan Berdampak Positif Bagi Perekonomian Jangka Panjang

Selain memperkuat kerja sama perdagangan, Doni Monardo juga diharapkan mampu mengembangkan pembinaan sepakbola antara Indonesia (Maluku-Maluku Utara) dengan Akademi Sepakbola Barcelona dan Real Madrid di Spanyol.

"Harapannya, jika Doni Monardo menjadi wakil pemerintah Indonesia di Spanyol maka kerjasama dalam bidang pertahanan dan perdagangan akan semakin diperkuat dan dikembangkan," ucapnya.

Baca juga: Politikus PAN Ingatkan Pemerintah Jangan Tergesa-gesa Menaikkan Tarif Pajak

Sebagai warga Bogor, Andrea mengatakan Doni Monardo ikut berjasa dalam menghijaukan kembali bumi Buitenzorg.

Bersama dengan Paguyuban Budi Asih, dirinya mengakui Doni Monardo aktif mendorong gerakan penghijauan di kota Bogor.

"Berbicara soal Letjen TNI Doni Monardo, sebagai warga Kota Bogor, kami tentu tidak akan pernah lupa," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas