Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilpres 2024

Perang Urat Syaraf PDIP-Demokrat, Kamhar: Tak ada Kawan dan Lawan yang Abadi Kecuali Kepentingan

 Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut PDIP tak akan mungkin berkoalisi dengan Partai Demokrat.

Perang Urat Syaraf PDIP-Demokrat, Kamhar: Tak ada Kawan dan Lawan yang Abadi Kecuali Kepentingan
Ist
Kamhar Lakukami selaku Sekretaris Satgas Pilkada Tim Sulawesi I dan Sekretaris Bappilu DPP PD Memberi Sambutan dan Pembekalan pada Rakorda DPD PD Provinsi Sulawesi Tengah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut PDIP tak akan mungkin berkoalisi dengan Partai Demokrat.

Dikatakan Hasto, PDIP dan Demokrat memiliki perbedaan basis ideologi.

Menanggapi hal itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut pernyataan Hasto itu sangat kontradiktif.

Pasalnya, pernyataan Hasto justru berbanding terbalik dengan partai politik yang tergabung dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - KH Ma'ruf Amin.

"Pernyataan seperti itu menimbulkan pertanyaan apabila yang dikemukakan sebagai faktor pembatas yang menjadi penghalang koalisi adalah faktor ideologi dan karakteristik parpol," kata Kamhar kepada wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (Ist)

"Karena seluruh variabel-variabel yang dipresentasikannya dimiliki juga dalam koalisi partai politik yang tergabung dikoalisi pemerintahan Jokowi di bawah koordinasi PDIP saat ini. Jadi apa yang disampaikannya kontradiktif," ujarnya.

Dijelaskan Kamhar, Partai Demokrat adalah partai nasionalis yang ideologinya Pancasila dengan asas nasionalisme religius.

Baca juga: Elite PDIP dan Demokrat Saling Sindir, Persaingan Megawati dengan SBY di Masa Lalu Diungkit Lagi

Dia menyebut secara empiris, Partai Demokrat pernah berkoalisi dengan sesama partai nasionalis maupun dengan partai Islam, dan tak ada persoalan sama sekali.

"Secara empiris Partai Demokrat belum pernah berkoalisi dengan PDIP, namun tak ada hal yang sifatnya mendasar apalagi secara ideologis yang menjadi penghalang untuk kemungkinan membangun koalisi dikemudian hari. Ingat pameo dalam politik, tak ada kawan dan lawan yang abadi kecuali kepentingan," pungkasnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas