Tribun

Seleksi Kepegawaian di KPK

Hari Ini, Komnas HAM Periksa Harun Al Rasyid Beserta 7 Pegawai KPK Lainnya

Komnas HAM periksa 8 pegawai KPK, termasuk Kasatgas penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid, Rabu (2/6/2021).

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
Hari Ini, Komnas HAM Periksa Harun Al Rasyid Beserta 7 Pegawai KPK Lainnya
Ist
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid saat hadir dalam acara Mata Najwa episode 'KPK Riwayatmu Kini' yang digelar Kamis (27/5/2021) kemarin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengagendakan pemeriksaan Kasatgas penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid di kantor Komnas HAM RI Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Harun sendiri merupakan satu dari delapan pegawai KPK yang diagendakan untuk dimintai keterangan Komnas HAM pada hari ini.

Rencananya, pemeriksaan akan dilakukan di kantor Komnas HAM RI Jakarta mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Baca juga: Komnas HAM Agendakan Pemeriksaan Terhadap Kasatgas Penyelidik KPK Harun Al Rasyid 

Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI M Choirul Anam mengkonfirmasi rencana pemeriksaan tersebut.

"Iya (pemeriksaan pegawai KPK), nanti jam 10, ada 8 orang," kata Anam saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Rabu (2/6/2021).

Lanjut kata Anam, pemanggilan delapan pegawai KPK ini untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait substansi dugaan pelanggaran HAM dalam proses alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Pendalaman terkait subtansi, dan konteks latar belakang kerja," ucapnya.

Baca juga: Firli Bahuri Ungkap Hasil Pertemuan dengan 700 Pegawai KPK yang Minta Pelantikan Ditunda

Ini merupakan kali kedua Harun mendatangi Komnas HAM, sebelumnya, ia sudah mendatangi kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Senin (31/5/2021) kemarin.

Saat itu, Harun sempat berbincang dengan Anam yang didampingi staf Komnas HAM di press room kantor Komnas HAM RI dengan pintu tertutup dalam waktu singkat.

Setelahnya ia dan Anam serta Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo Harahap sempat hadir saat Anam dan Yudi melakukan tanya jawab dengan wartawan usai pemeriksaan pengurus inti WP KPK.

Namun sebelum tanya jawab tersebut selesai Harun meninggalkan lokasi.

Komisioner Komnas HAM RI M Choirul Anam, Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap dan Kasatgas penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid di kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Senin (31/5/2021).
Komisioner Komnas HAM RI M Choirul Anam, Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap dan Kasatgas penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Al Rasyid di kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Senin (31/5/2021). (Gita Irawan/Tribunnews.com)

Anam menjelaskan seharusnya Harun yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua WP KPK akan memberikan keterangan terkait WP dan substansi dugaan pelanggaran HAM dalam proses alih status pegawai KPK.

Dalam pertemuan singkatnya dengan Harun, kata Anam, Harun telah memberikan sedikit pengantar.

Namun, karena Harun memiliki kegiatan lain, ia meminta waktu untuk memberikan keterangan pada Rabu (2/6/2021) lusa.

"Sehingga saya berharap Rabu (hari ini) itu tuntas semua pemeriksaan," kata Anam di kantor Komnas HAM RI pada Senin (31/5/2021).

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas