Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Teringat Saat Bung Karno Terima Penghargaan dari Rusia, Megawati Tak Bisa Tahan Haru

Rasa haru Megawati membuat suaranya tercekat ketika dirinya menerima penghargaan dari Rusia yang diwakili oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila

Teringat Saat Bung Karno Terima Penghargaan dari Rusia, Megawati Tak Bisa Tahan Haru
Ist
Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri tak bisa menahan haru ketika menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Order of Friendship dari Pemerintah Federasi Rusia lewat keputusan Presiden Vladimir Putin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri tak bisa menahan haru ketika menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Order of Friendship dari Pemerintah Federasi Rusia lewat keputusan Presiden Vladimir Putin

Rasa haru Megawati membuat suaranya tercekat ketika dirinya menerima penghargaan dari Rusia yang diwakili oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Sedianya penghargaan itu akan diberikan oleh Presiden Putin langsung di Moskow, pada tahun lalu.

Namun akibat pandemi covid-19, akhirnya Putin mengutus Lyudmila menyerahkannya di Indonesia kepada Presiden Megawati.

Untuk Indonesia, Megawati adalah yang pertama mendapatkan penghargaan ini. Di Asia Tenggara, pemimpin yang pernah menerima penghargaan sejenis adalah Lee Kuan Yew di Singapura, serta Mahathir Mohammad di Malaysia.

"Ibu Megawati adalah warga negara Indonesia pertama yang dianugerahi bintang persahabatan ini," kata Lyudmila.

Ia lalu membeberkan alasan pemberian penghargaan tersebut. Yakni Rusia melihat begitu besarnya sumbangsih Megawati dalam memperkokoh kerja sama dan saling pengertian diantara masyarakat Rusia dan Indonesia. Pemberian ini sekalian sebagai simbol peringatan 70 tahun persahabatan kedua negara.

Lyudmila mengatakan Rusia mengakui bahwa hubungan dengan Indonesia yang saling menghormati dan saling percaya dimulai sejak Presiden RI Pertama Soekarno, yang juga ayahanda Megawati sendiri. 

Rusia menghormati Soekarno sehingga perayaan ulang tahun Soekarno ke 120 pada tahun ini akan ikut mereka lakukan di Jakarta.

"Yang mulia sangat dikenal dan dihormati di Rusia sebagai teman sejati yang memfasilitasi pengembangan proyek bersama di bidang strategis. Kami sangat menghargai Yang Mulia dalam pengembangaan kerja sama kedua negara," kata Lyudmila.

Halaman
123
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas