Tribun

Virus Corona

Pimpinan MPR : Semangat Solidaritas Diperlukan untuk Redam Meluasnya Klaster Baru Covid-19

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan solidaritas masyarakat harus ditingkatkan untuk  meredam potensi meluasnya penyebaran virus corona.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Theresia Felisiani
Pimpinan MPR : Semangat Solidaritas Diperlukan untuk Redam Meluasnya Klaster Baru Covid-19
kompas
ILustrasin virus corona. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasca-Lebaran 2021 bermunculan klaster penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah yang diatasi dengan mengkarantina wilayah tersebut. 

Terkait hal itu, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan solidaritas masyarakat harus ditingkatkan untuk  meredam potensi meluasnya penyebaran virus corona tersebut.

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangkitkan solidaritas masyarakat saat ini untuk membantu masyarakat yang di tempat tinggalnya sedang diberlakukan pembatasan pergerakan yang ketat," ujar Lestari, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Malaysia Lockdown, Komisi IX Ingatkan 7.300 TKI Pulang ke Tanah Air Harus Dikawal

Di sejumlah daerah seperti di Bogor, Jawa Barat; Kudus, Jawa Tengah; Malang, Jawa Timur dan DKI Jakarta terdapat sejumlah wilayah yang menerapkan karantina yang ketat untuk meredam potensi penyebaran Covid-19 dari klaster-klaster yang bermunculan itu.

Solidaritas masyarakat, menurut Lestari, bisa dalam bentuk bantuan logistik bagi masyarakat yang terdampak kebijakan karantina wilayah ketat dan konsisten disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Dia meyakini awal dari meluasnya penyebaran Covid-19 di setiap daerah itu adalah abainya kita dalam menjalankan prokes, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Sementara itu, bagi para pemangku kepentingan, solidaritas bisa direalisasikan antara lain dalam bentuk kecepatan dukungan dan ketepatan menyalurkan bantuan, serta kebijakan yang komperhensif dalam pengendalian Covid-19," kata dia. 

Baca juga: Klaster Kerja Bakti, 53 Warga RW 06 Kelapa Dua Tangerang OTG Covid-19, Banyak yang Satu Keluarga

Baca juga: 5 Bandar Sabu Kampung Bahari Ditangkap, Intip Bisnis Naskoba di Lapaknya, Sebulan Raup Ratusan Juta

Kunjungan ke klaster-klaster baru di sejumlah daerah, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, dapat dimanfaatkan juga untuk meng-update data terkait kondisi sosial masyarakat.

Oleh karena itu, sejumlah strategi pencegahan dan pengendalian Covid-19 harus terus disempurnakan dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Menurut Lestari, daerah dengan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19 harus menjadi sasaran sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam disiplin menjalankan Prokes dan vaksinasi Covid-19.

"Bila peningkatan solidaritas masyarakat terjadi, dukungan kuat dari para pemangku kepentingan dari sisi peningkatan testing, tracing dan treatments (3T) dalam rangka pengendalian Covid-19 di sejumlah sangat diperlukan," tandasnya. 

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas