Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Diplomat Sigit Aris Ungkap Rahasia Sukses Diplomasi Bung Karno yang Jarang Diketahui Publik

Banyak kepribadian Bung Karno yang tidak diketahui orang, khususnya dalam sudut pandang dan kemampuannya berdiplomasi.

Diplomat Sigit Aris Ungkap Rahasia Sukses Diplomasi Bung Karno yang Jarang Diketahui Publik
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Sigit Aris Prasetyo, seorang diplomat dan penulis buku tentang Bung Karno pada Episode 9 Talkshow & Musik ‘Bung Karno Series’ yang digelar Badan kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama ini Bung Karno identik dengan berbagai atribusi, seperti Founding Father, Tokoh Revolusi, Putra Sang Fajar, Bapak Teater, Orator Ulung, Penyambung Lidah Rakyat, dan lain lain.

Padahal selain itu masih banyak lagi kepribadian Bung Karno yang tidak diketahui orang, khususnya dalam sudut pandang dan kemampuannya berdiplomasi.

Hal ini diungkapkan Sigit Aris Prasetyo, seorang diplomat dan penulis buku tentang Bung Karno pada Episode 9 Talkshow & Musik Bung Karno Series yang digelar Badan kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan.

“Sukarno merupakan seorang diplomat ulung kelas dunia dengan visinya yang begitu jauh ke depan. Dengan kemampuan diplomasi, penguasaan multibahasa (Inggris, Prancis, Jerman, Belanda) yang memukau ditambah dengan model pendekatan humanis, ia mendobrak sekat-sekat perbedaan, menguntai tali persahabatan dan pertemanan dengan berbagai pemimpin dunia,” kata Sigit Aris Prasetyo, Kamis (10/6/2021).

Dalam rangka mengilhami nilai-nilai perjuangan, Bung Karno sebagai Bapak Bangsa Indonesia banyak meninggalkan jejak prestasi dalam melakukan diplomasi dengan negara-negara sahabat di dunia.

Baca juga: Lemparan Lima Granat Tak Mampu Membunuh Bung Karno di Cikini

Hal ini terasa betul melalui beberapa ‘legacy’ seperti pembangunan yang dilakukan di Indonesia atas hasil diplomasi Bung Karno.

Sigit menjelaskan, setidaknya ada tiga hal kepribadian Bung Karno yang terekam dari bagaimana model presiden pertama Indonesia melakukan diplomasi.

Pertama, kepribadian Bung Karno yang supel.

Ini terekam ketika kita melihat foto-foto Bung Karno bersama para pemimpin dunia.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas