Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Indonesia Terima Lagi 1 Juta Dosis Vaksin Sinopharm untuk Program Gotong Royong

Dengan tambahan 1 juta dosis ini, Indonesia telah memperoleh 2 juta dosis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi Gotong Royong.

Indonesia Terima Lagi 1 Juta Dosis Vaksin Sinopharm untuk Program Gotong Royong
ISTIMEWA
Sebanyak satu juta vaksin Sinopharm tiba di tanah air, Jumat siang (11/6/2021). Ini merupakan kedatangan vaksin tahap ke-16. Vaksin dibawa menggunakan Pesawat angkut Garuda Indonesia ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak satu juta vaksin Sinopharm tiba di tanah air, Jumat siang (11/6/2021.

Ini merupakan kedatangan vaksin tahap ke-16. Vaksin dibawa menggunakan Pesawat angkut Garuda Indonesia ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dengan tambahan 1 juta dosis ini, Indonesia telah memperoleh 2 juta dosis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi Gotong Royong.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kudus, Bupati : Jangan Abai Meski Sudah Divaksinasi

Sebelumnya pada Kamis malam (10/6), juga datang 1.504.800 dosis vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral, COVAX Facility.

Sehingga, Indonesia telah mengamankan 94.728.400 dosis vaksin, dengan rincian vaksin Sinovac (84.500.000 dosis), AZ COVAX Facility (8.228.400 dosis) dan Sinopharm (2 juta dosis).

Indonesia saat ini menggunakan tiga jenis vaksin, yaitu Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm.

Ketiga vaksin itu telah memperoleh Emergency Use Listing atau EUL dari WHO, hingga telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal kualitas, keamanan, dan efektivitasnya untuk digunakan pada masa darurat Kesehatan.

Baca juga: Airlangga Sebut Vaksin Sputnik Sedang Dievaluasi di Indonesia : Sudah Ada yang Didaftarkan ke BPOM 

"Pemerintah terus berikhtiar dan bekerja keras mengamankan pasokan vaksin untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Ikhtiar ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan di masa pandemi dimana pasokan vaksin masih terbatas, sementara kebutuhan dunia akan vaksin sedemikian besarnya. Kita semua memahami, bahwa vaksin adalah salah satu ikhtiar penting dan krusial dalam upaya menekan laju penyebaran virus Covid-19," ujar Menlu Retno Marsudi saat menerima sebanyak 1,5 juta dosis vaksin Astra Zeneca melalui jalur multilateral Covax Facility pada Kamis (10/6/2021).

Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas