Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pendaftaran Komcad di Pulau Jawa Ditutup, Hampir 10 Ribu Orang Mendaftar

Dahnil Anzar Simanjuntak menilai meski jumlahnya dibatasi namun pendaftar Komcad sangat antusias. 

Pendaftaran Komcad di Pulau Jawa Ditutup, Hampir 10 Ribu Orang Mendaftar
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Unimma
Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam diskusi bertajuk "Diskusi Kebangsaan: Aktualisasi Bela Negara di Kampus Merdeka" secara virtual pada Jumat (12/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tercatat hampir 10 ribu orang mendaftar sebagai Komponen Cadangan (Komcad) saat proses pendaftaran Komcad di Pulau Jawa telah ditutup pada 7 Juni 2021 lalu.

Juru Bicara Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, menilai meski jumlahnya dibatasi namun pendaftar Komcad sangat antusias. 

"Sampai ditutup pendaftaran Komponen Cadangan di Pulau Jawa, pada tanggal 7 Juni yang lalu, jumlah pendaftar sangat antusias, sampai ditutup jumlah pendaftar baik online maupun offline mendekati 10 ribu orang," kata Dahnil ketika dikonfirmasi Tribunnews.com pada Jumat (11/6/2021).

Antusiasme tersebut, lanjut dia, menunjukkan semangat anak bangsa untuk berkontribusi terhadap pertahanan negara. 

Baca juga: Komisi I DPR Minta Senjata Canggih yang Dipakai Komcad Disimpan di Markas TNI Bukan di Kemhan

Setelah proses pendaftaran, kata dia, seluruh pendaftar akan melalui tahapan seleksi kompetensi, dengan protokol kesehatan yang ketat di Rindam-Rindam yang ada di pulau Jawa, mulai tanggal 7 Juni sampai 17 Juni 2021.

Nantinya, kata dia, sebanyak 2.500 orang yang terpilih akan masuk tahap Pelatihan Dasar Militer (Latsarmil) selama tiga bulan mulai 21 Juni sampai 21 September 2021.

"Setelah itu akan ditetapkan sebagai anggota Komcad guna memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI kita untuk pertahanan negara," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Dahnil mengatakan Kementerian Pertahanan menargetkan akselerasi rekrutmen Komponen Cadangan (komcad) hingga 25 ribu personel sampai dengan tahun ini.

Dahnil menjelaskan dari 25 ribu personel yang ditargetkan akan direkrut sampai tahun ini tersebut nantinya akan terbagi ke dalam 35 batalyon dengan asumsi satu batalyon terdiri dari 400 sampai 500 personel.

Hal tersebut disampaikan Dahnil dalam diskusi bertajuk "Diskusi Kebangsaan: Aktualisasi Bela Negara di Kampus Merdeka" secara virtual pada Jumat (12/3/2021).

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas