Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Mendagri Tito Soroti Peran DPRD Terkait Penanganan Dampak Covid-19

Tito menyebut peran DPRD sangat krusial dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. 

Mendagri Tito Soroti Peran DPRD Terkait Penanganan Dampak Covid-19
Istimewa
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyoroti peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam penanganan dampak Covid-19 di Seminar Nasional dan Musyawarah Nasional VII Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) yang diselenggarakan secara daring, Jumat (18/6/2021). 

Tito menyebut peran DPRD sangat krusial dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. 

“Saya melihat bahwa peran DPRD menjadi sangat penting dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, sekali lagi peran dalam penyusunan peraturan menjadi krusial, kunci, itu akan menjadi pegangan bagi para penegak,” kata Mendagri, Jumat (18/6/2021).

Eks Kapolri itu berujar di tahun 2021 masih merupakan tantangan yang perlu dihadapi bersama, terutama berkaitan dengan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Baca juga: Mendagri Tito Minta Peran Puskesmas Maksimal di Perpanjangan PPKM Mikro

Mendagri mengingatkan kembali 3 fungsi yang dimiliki DPRD yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan, menjadi sentral dalam penanganan wabah. 

“Saya juga memohon kepada rekan-rekan sebagai komunikator yang baik, sebagai jembatan yang baik, perlu juga memberikan pemahaman ini kepada teman-teman politisi di DPRD agar mereka juga betul-betul memanfaatkan 3 kewenangan yang ada dalam mengatasi permasalahan kendali Covid-19 dan memulihkan ekonomi dengan menangkap peluang yang ada,” ujarnya. 

Mendagri juga menyampaikan agar permasalahan nasional berupa pandemi Covid-19 beserta dampak sosial ekonominya, perlu diselesaikan bersama. 

Sebagai legislator, DPRD yang dipilih dengan legistimasi dari rakyat, dan mewakili kepentingan rakyat, memainkan peranan krusial yang membuat suara anggota DPRD memiliki pengaruh di masyarakat. 

Karena itu, Mendagri meminta hal ini dimanfaatkan dalam menyosialisasikan dan kampanye protokol kesehatan. 

“Sampaikan tentang cara menangani Covid-19, paling gampang lah pakai masker, ini beda kalau yang menyampaikan kepala daerah dengan anggota dewan yang dipilih oleh konstituen yang dipilih di dapilnya masing-masing, itu akan lebih powerfull,” tegasnya. 

Mendagri yang memuji kekompakan ASDEKSI.

Ia juga berharap, kebersamaan dan kerja sama bersama pemerintah pusat dapat memberikan sumbangan pemikiran dan aksi dalam menghadapi pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi.

Termasuk penyelesaian efek domino lain yang diakibatkan pandemi global itu. 

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas