Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

AHY Serukan Pentingnya Solidaritas Global Demi Sukseskan Vaksinasi Covid-19

AHY menyerukan pentingnya solidaritas global dalam menyukseskan program vaksinasi masyarakat dunia secara adil dan merata. 

AHY Serukan Pentingnya Solidaritas Global Demi Sukseskan Vaksinasi Covid-19
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Ilustrasi vaksinasi. Untuk mendorong terciptanya herd immunity (kekebalan kolektif) masyarakat dari risiko penularan Covid-19, Polrestabes Semarang menggelar vaksinasi massal dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75. Vaksinasi diselenggarakan di Hall UTC Semarang, Selasa (22/6/21). Vaksinasi bagi masyarakat umum berlangsung malai Selasa hingga Jumat, 25 Juni 2021. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerukan pentingnya solidaritas global dalam menyukseskan program vaksinasi masyarakat dunia secara adil dan merata. 

Hal itu disampaikan AHY saat dirinya hadir dalam acara The Summit for Vaccine Internationalism yang diselenggarakan oleh Progressive International, secara virtual. 

"Dalam krisis global hari ini, tidak ada utara dan selatan, tidak ada negara maju dan berkembang, tidak ada negara kaya dan miskin. Kita adalah satu, sehingga kita harus bertindak sebagai satu,” kata AHY melalui keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Menkes Ingatkan Masyarakat yang Sudah Vaksinasi Lengkap Masih Bisa Terpapar Covid-19

Seperti negara lainnya, kata putra mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, Indonesia juga tengah menghadapi kesulitan dalam penanganan kasus Covid-19. 

Meskipun saat ini proses vaksinasi terus berjalan, kata dia, kapasitas Indonesia untuk memproduksi dan mendistribusikan vaksin masih jauh tertinggal, sementara penyebaran virus terus meningkat. 

"Ditambah lagi dengan munculnya fenomena mutasi Covid-19 di berbagai belahan dunia, termasuk salah satu varian yang juga telah masuk ke Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Usulan Lockdown Akhir Pekan, Wagub DKI: Pemerintah Pusat yang Tentukan Kebijakan Daerah

Tak hanya itu, meningkatnya jumlah kasus bersamaan dengan keterbatasan ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 juga dapat memunculkan krisis baru. 

Oleh karenanya, kata Ketua Umum Partai berlogo Mercy itu dirasa perlu untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

"Kita harus menyadari bahwa dukungan global, serta kerja sama yang efektif dan saling menguntungkan antar pemerintah, sektor swasta, organisasi internasional, dan produsen vaksin, sangat diperlukan untuk menghadapi situasi krisis ini," tuturnya.

Atas dasar itu, AHY menyatakan dukungannya terkait adanya inisiatif Trade Related Aspect of Intellectual Property Rights (TRIPS) Waiver untuk membuka akses transfer ilmu dan teknologi yang dibutuhkan.

Baca juga: Pasien Menumpuk, RSUD Kota Bekasi Bangun Tenda Darurat di Depan IGD, Ini Penampakannya

Terutama kata dia, bagi negara berkembang termasuk Indonesia untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan efikasi tinggi serta obat-obatan dalam skala besar.

“Inisiatif ini, kami yakin, akan menjadi game-changer yang penting. Dengan memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin kita sendiri, kita akan dapat mencapai kekebalan lebih cepat dan mengalahkan pandemi lebih cepat. Kita harus berjuang bersama,” tambahnya. 

Di akhir, suami dari Annisa Pohan itu turut mengajak seluruh partisipan yang hadir dalam acara tersebut serta masyarakat luas untuk saling bersinergi dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

"Mari kita tunjukkan tekad dan komitmen kita untuk persatuan global, solidaritas, keadilan dan kemanusiaan," imbuhnya. 

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas