Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selain Tegas, Jokowi Minta Polri Juga Berwajah Ramah 

Pesan Jokowi di HUT Bhayangkara ke-75, selain tegas, Polri juga diminta ramah dan jadi penganyom masyarakat.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Selain Tegas, Jokowi Minta Polri Juga Berwajah Ramah 
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi. Sejumlah anggota polri saat melakukan apel gelar pasukan untuk Operasi Lilin 2019 di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019). Apel diikuti oleh anggota Polda Metro Jaya, anggota Kodam Jaya, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Pemadam Kebakaran DKI yang akan fokus melakukan pengamanan pada 61.308 objek di seluruh Indonesia, Baik di gereja maupun tempat wisata serta pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kerta api, dan bandara. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan sejumlah hal kepada jajaran Polri dalam peringatan Ke-75 Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (1/7/2021).

Di antaranya, Jokowi meminta Polri berwajah ramah dan  menjadi pengayom masyarakat.

"Polri bukan hanya tampil tegas dan tanpa pandang bulu. Tetapi harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas," kata Jokowi.

Baca juga: HUT Bahayangkara, Jokowi Berterimakasih pada Polri, Bantu Penanganan Pandemi Covid-19 

Polri juga kata Jokowi harus Presisi dalam menjalankan kewenangannya, harus akurat dalam mengambil keputusan, dan selalu merujuk pada Undang-undang.

"Selain itu harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut, Jokowi meminta Polri meningkatkan Sumber Daya Manusianya (SDM).

Presiden meminta pengembangan SDM Polri diperhatikan secara serius. 

BERITA REKOMENDASI

"Rekruitmen, pendidikan dan promosi harus dilakukan secara transparan dan akuntabel. Harus mencari karakter yang sesuai dengan tugas-tugas polri dan harus menguasai perkembangan Iptek terbaru," tuturnya.

Baca juga: Kejahatan Makin Canggih, Jokowi Minta Polri Kuasai Iptek

Kepala Negara juga meminta Polri memperkuat manajemen kelembagaan dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

Polri harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, dan kebijakan penganggaran.

"Serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini, untuk mendukung Polri yang modern," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas