Tribun

Virus Corona

Kapan PPKM Darurat Bisa Dicabut? Jubir Luhut Ungkap Syarat-syaratnya

Jubir Menko Marinves, Luhur Binsar Pandjaitan, mengungkapkan syarat-syarat PPKM Darurat bisa dicabut.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kapan PPKM Darurat Bisa Dicabut? Jubir Luhut Ungkap Syarat-syaratnya
Warta Kota/Alex Suban
Petugas gabungan dari TNI dan Polri menjaga perbatasan Bekasi dan Jakarta Timur saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, di Jalan Kalimalang, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021). Petugas yang menjaga kawasan itu dengan kendaraan lapis baja jenis panser dan kendaraan taktis Barracuda meminta pengendara putar arah kembali ke wilayahnya saat pelaksanaan PPKM Darurat. 

TRIBUNNEWS.COM - Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi, menerangkan syarat-syarat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bisa dicabut.

Dalam keterangannya, Jodi menyampaikan pengetatan bisa dilonggarkan jika situasi pandemi telah membaik.

Ia menyampaikan, situasi pandemi dibagi menjadi lima tingkat, mulai nol hingga empat.

Tingkat tersebut, jelas Jodi, menggambarkan kecukupan kapasitas respons kesehatan, seperti penemuan kasus, pelacakan kontak, dan perawatan.

"Level situasi nol, misalnya, adalah situasi di mana suatu wilayah yang memiliki kapasitas respons memadai tidak memiliki kasus sama sekali. Ini tujuan kita semua," ujar Jodi, Rabu (7/7/2021), dikutip dari Kompas.com.

Petugas gabungan dari TNI dan Polri menjaga perbatasan Bekasi dan Jakarta Timur saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, di Jalan Kalimalang, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021). Petugas yang menjaga kawasan itu dengan kendaraan lapis baja jenis panser dan kendaraan taktis Barracuda meminta pengendara putar arah kembali ke wilayahnya saat pelaksanaan PPKM Darurat. Warta Kota/Alex Suban
Petugas gabungan dari TNI dan Polri menjaga perbatasan Bekasi dan Jakarta Timur saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, di Jalan Kalimalang, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021). Petugas yang menjaga kawasan itu dengan kendaraan lapis baja jenis panser dan kendaraan taktis Barracuda meminta pengendara putar arah kembali ke wilayahnya saat pelaksanaan PPKM Darurat.(Warta Kota/Alex Suban)

Baca juga: Buntut Kemarahan Anies Baswedan, Polda Metro Jaya Periksa Perusahaan yang Kena Semprot

Baca juga: Kemitraan Soal Penyaluran Bansos PPKM Darurat: di Mana Ada Uang di Situ Ada Pemburu Rente

Untuk level tertinggi situasi pandemi, level empat, adalah kondisi di mana wilayah dengan transmisi komunitas sangat tinggi, sedangkan kapasitas respons terbatas.

Dalam kondisi tersebut, upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial secara ketat perlu diterapkan untuk menekan, bahkan menurunkan jumlah kasus.

Asesmen level situasi pandemi ini dilakukan setiap satu minggu di tingkat kabupaten/kota.

Berdasarkan asesmen terakhir, hampir semua kabupaten/kota di Jawa dan Bali berada di level tiga atau empat.

Karena itu, Jodi berharap PPKM Darurat bisa mengurangi tingkat penularan secara segera atau berbarengan sehingga level situasi pandemi dapat membaik.

Jika level situasi pandemi semakin membaik, sampai pada level yang bisa ditangani oleh kapasitas sistem kesehatan yang ada, maka PPKM Darurat bisa dicabut.

“Kita pasti bisa! Mari laksanakan perintah Presiden kurangi mobilitas dengan drastis."

"Tetap di rumah, produktif, dan ibadah di rumah,” tandasnya.

Seperti diketahui, pemerintah resmi menerapkan PPKM Darurat di Jawa-Bali sejak 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas