Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Tak Main-main, KPK Siap Usut Dugaan Korupsi dalam Penyaluran Bansos Saat PPKM Darurat

Untuk itu, KPK meminta masyarakat tak ragu untuk melaporkan jika menemukan adanya dugaan penyimpangan.

Tak Main-main, KPK Siap Usut Dugaan Korupsi dalam Penyaluran Bansos Saat PPKM Darurat
TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan tak segan untuk mengusut dugaan korupsi terkait penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) seiring dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Untuk itu, KPK meminta masyarakat tak ragu untuk melaporkan jika menemukan adanya dugaan penyimpangan.

Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding mengujarkan, setiap keluhan yang diterima KPK melalui platform Jaringan Pencegahan (JAGA) KPK akan dianalisis oleh tim pengelola.

Dari analisis tersebut, jika ditemukan adanya indikasi tindak pidana, KPK akan menindaklanjutinya dengan meneruskan laporan masyaralat kepada Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat untuk didalami.

"Jika dari keluhan yang disampaikan masyarakat berindikasi tindak pidana, maka KPK dapat saja menindaklanjuti laporan tersebut. Tim pengelola akan meneruskan laporan kepada Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat untuk didalami," ujar Ipi dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: KPK Kawal Bansos Covid-19 Selama PPKM Darurat

Terkait penanganan pandemi Covid-19, Ipi mengatakan terdapat dua fitur pada Platform JAGA, yaitu JAGA Bansos Covid-19 dan JAGA Penanganan Covid-19 yang memfasilitasi keluhan dari masyarakat.

Pada fitur JAGA Bansos Covid-19 masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait penyaluran bansos termasuk di dalamnya bantuan UMKM.

"Sedangkan, pada JAGA Penanganan Covid-19, masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait pelayananan dalam penanganan pasien Covid-19, insentif dan santunan tenaga kesehatan, biaya perawatan pasien Covid-19, klaim RS, dan terkait vaksin Covid-19," katanya.

Tidak hanya menampung keluhan, masyarakat juga dapat mencari tahu informasi tentang Covid-19 dan informasi terkait lainnya pada menu panduan di flatform tersebut.

Ipi memastikan, KPK akan menampung dan menindaklanjuti setiap laporan dan keluhan masyarakat tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas