Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadapi Krisis Obat dan Oksigen, Nusron Wahid Usulkan PMN untuk BUMN Farmasi dan IHC

Anggota Komisi VI DPR Nusron Wahid mengusulkan tambahan modal negara atau PMN kepada BUMN Farmasi dan Indonesia Health Care (IHC).

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hadapi Krisis Obat dan Oksigen, Nusron Wahid Usulkan PMN untuk BUMN Farmasi dan IHC
KOMPAS IMAGES
Nusron Wahid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di tengah krisis obat, oksigen dan tempat tidur rumah sakit, Anggota Komisi VI DPR Nusron Wahid mengusulkan tambahan modal negara atau PMN kepada BUMN Farmasi dan Indonesia Health Care (IHC).

Hal itu bisa menjadi terobosan dalam penanganan Covid-19 yang mana saat ini pasien terus meningkat.

"Kita butuh sinyal politik bahwa negara punya komitmen untuk memperkuat fundamental BUMN farmasi, terutama dalam produksi bahan baku obat, sehingga tidak tergantung dengan bahan baku obat dari luar negeri" kata Nusron Wahid dalam Rapat Kerja dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (8/7/2021).

Nusron menjelaskan, dalam industri farmasi, bahan baku masih komponen paling utama.

Baca juga: Kemenkes Beri Panduan Memberikan ASI pada Bayi Bagi Ibu yang Positif Covid-19

Sementara saat ini bahan baku yang diproduksi BUMN farmasi 70 persen masih tergantung import.

"Angka ini harus ditekan. Sebab, ini yang dibutuhkan saat pendemi agar Indonesia mandiri dan kuat secara kesehatan," tegas politikus Partai Golkar ini.

Selain itu, lanjut Nusron, Pertamedika selaku induk dari IHC juga harus disuntik modalnya agar ke depan mencari sumber pendanaan yang lebih besar untuk mengembangkan rumah sakit sampi daerah.

BERITA REKOMENDASI

"Rumah sakit BUMN jangan kalah dengan swasta," ujarnya.

Mantan Ketua Umum GP Ansor ini mengungkapkan, dibandingkan dengan rumah sakit punya Pemda dan pemerintah, standar pelayanan rumah sakit BUMN jauh lebih bagus.

Rumah sakit BUMN mentalnya sudah terbiasa korporasi, bukan mental birokrat. Karena itu sudah saatnya harus dikasih kesempatan tumbuh dan berkembang.

"Secara politik kami mendukung agar dikasih modal negara untuk pengembangan rumah sakit BUMN," terang tokoh muda NU ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas