Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ridwan Kamil: BOR Rumah Sakit di Jawa Barat Turun 3 Persen

Pemprov Jawa Barat memindahkan pasien positif Covid-19 yang mau sembuh ke hotel atau apartemen yang telah disewa.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ridwan Kamil: BOR Rumah Sakit di Jawa Barat Turun 3 Persen
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas mengangkut tabung oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 ke dalam ruangan di Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (28/6/2021). Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengalihfungsikan Hotel Grand Asrilia menjadi Pusat Pemulihan Pasien Covid-19 di kawasan Bandung Raya. Tempat ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani masa penyembuhan dari berbagai rumah sakit di Bandung Raya. Alih fungsi itu dilakukan seiring meningkatnya bed occupancy ratio (BOR) atau tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 di kawasan Bandung Raya. Ketersediaan tempat tidur di Hotel Grand Asrilia untuk merawat pemulihan pasien Covid-19 terdapat lebih dari 500 tempat tidur. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit di wilayahnya turun 3 persen. 

"Kemarin turun 3 persen. Sepersen aja alhamdulillah ya, tiga persen lumayanlah daripada naik terus. Jadi intinya tanggal 11 Juli itu sudah turun ke 87,6 persen ya dari 90-an," ucap Ridwan Kamil dalam webinar yang digelar CISDI, Senin (12/7/2021).

Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan beberapa langkah untuk menurunkan BOR.

Pemprov Jawa Barat memindahkan pasien positif Covid-19 yang mau sembuh ke hotel atau apartemen yang telah disewa.

"Kita sebutnya pusat pemulihan, jadi paham ya untuk mengurangi darurat RS. Persentase tempat tidur Covid-19 dinaikan, lalu mencegah orang ke RS dengan isolasi di Desa dan memindahkan yang mau sembuh itu ke hotel apartemen dan bangunan-bangunan non rumah sakit seperti hotel ini," ungkap Ridwan Kamil.

Baca juga: Pertamina: Informasi SPBU Ditutup Selama Pemberlakuan PPKM Darurat Adalah Hoaks

Pemindahan pasien Covid-19 yang mau sembuh dilakukan, agar pasien baru yang membutuhkan penanganan segera tertangani.

Baca juga: BPPT Kembangkan DDR Madeena, Alat Rontgen X-Ray untuk Tentukan Status Pasien Terpapar Covid-19

BERITA REKOMENDASI

"Kalau ditanya apakah strategi Jawa Barat dengan mengurangi orang masuk, memindahkan orang mau sembuh menambahi tempat tidur itu berhasil. Saya belum bisa menyimpulkan, karena baru hitungan hari ya," tutur Ridwan Kamil.

Mantan Wali Kota Bandung ini berharap BOR di Jawa Barat terus turun. Dirinya menargetkan BOR dapat terus turun hingga di bawah 30 persen seperti saat sebelum Idul Fitri.

"Itu kita bisa di bawah 30 persen. Itu apa yang terbaik yang pernah kita dapati, tapi varian Delta ini memang luar biasa," ujarnya.

"Sebelum Idul Fitri itu nggak ada anak remaja kena Covid-19 itu dikit banget. Sekarang 17 persen itu sekarang anak-anak remaja saking menularnya," kata Ridwan Kamil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas