Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sandiaga: Military Tourism Bisa Menjadi Alternatif Baru bagi Wisatawan

Salahuddin Uno mendorong agar military tourism di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, menjadi agenda pariwisata nasional.

Sandiaga: Military Tourism Bisa Menjadi Alternatif Baru bagi Wisatawan
ist
Sandiaga Uno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar military tourism di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, menjadi agenda pariwisata nasional.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat berbincang virtual dengan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, beberapa waktu lalu. Sandiaga mengatakan, military tourism bisa menjadi alternatif baru bagi wisatawan yang ingin menyaksikan latihan tempur dari dekat.

"Menjadikan latihan tempur sebagai military tourism, konsepnya seluruh rangkaian persiapan hingga puncak latihannya bisa dinikmati oleh umum. Saya usul ini menjadi agenda nasional, kementerian pariwisata," kata Sandiaga, Selasa (13/7/2021).

Sandiaga menjelaskan, AWR Pandanwangi memang menjadi lokasi berbagai latihan tempur TNI, baik Angkatan Darat (AD) maupun Angkatan Udara (AU).

Secara berkala, kegiatan latihan tempur TNI AU seperti Sikatan Daya dan Angkasa Yudha digelar di lokasi tersebut.

"Ada latihan tempur untuk menguji alat utama sistem persenjataan (alutsista). Itu kegiatan rutin dilaksanakan tiap tahun Sikatan Daya dan Angkasa Yudha, itu pertunjukan kelas internasional," kata Sandiaga.

Baca juga: Soal Wacana PPKM Darurat Diperpanjang, Sandiaga Uno Sudah Siapkan Skenario, Pimpinan DPR Beri Saran

Berdasarkan informasi dari Bupati Lumajang Thoriqul Haq, minat masyarakat cukup tinggi untuk ikut menyaksikan berbagai manuver pada latihan tempur tersebut.

Sehingga pihak Pemerintah Kabupaten telah berkoordinasi dengan pihak TNI terkait fasilitas perangkat teknis seperti tribun agar masyarakat dapat menyaksikannya secara aman dan nyaman.

Bupati Lumajang berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ikut ambil bagian dalam pengembangan wisata tersebut.

Ia optimis, keterlibatan pemerintah dalam pengembangan daya tarik wisata bisa menggeliatkan pertumbuhan ekonomi kreatif di sekitar tempat wisata.

"Tentu ekonomi kreatif di sekitarnya juga akan tumbuh," katanya.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas