Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Respons Usulan Sekjen PAN, PKS: Saat Ini Justru Dibutuhkan Nakes yang Bisa Melayani Isoman

Bukhori menilai, saat ini yang dibutuhkan adalah para tenaga kesehatan (nakes) yang bisa melayani isoman di rumah masing-masing.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Respons Usulan Sekjen PAN, PKS: Saat Ini Justru Dibutuhkan Nakes yang Bisa Melayani Isoman
DPR RI
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Bukhori Yusuf. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengusulkan rumah jabatan anggota DPR RI digunakan sebagai tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19. PKS menilai usulan tersebut kurang tepat

"Saat ini yang amat diperlukan bukan tempat isolasi ketika pemerintah pusat dan daerah sudah menetapkan isoman di rumah masing-masing," kata Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf, kepada Tribunnews, Kamis (15/7/2021).

Bukhori menilai, saat ini yang dibutuhkan adalah para tenaga kesehatan (nakes) yang bisa melayani isoman di rumah masing-masing.

Menurutnya, hal itu bisa melalui daring (online), atau bisa melalui kunjungan langsung guna memudahkan para isoman mendapatkan pelayanan yang baik.

"Justru nakes yang bisa melayaani para isoman yg berada di tempat tinggal masing-masing baik secara online maupun visitasi, dan itu bisa dengan mudah," ucap Anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Baca juga: Menlu: Kasus Covid-19 Dunia Naik 12 Persen, Penyebab Utamanya Varian Delta

Diberitakan sebelumnya, Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengusulkan rumah jabatan anggota DPR RI digunakan sebagai tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19.

BERITA REKOMENDASI

Alasannya, Eddy mengatakan bahwa rumah jabatan anggota Dewan merupakan hunian yang layak dan memiliki fasilitas yang relatif lengkap. 

"Usulan kami adalah menjadikan rumah jabatan para anggota DPR sebagai tempat isoman warga," kata Eddy, kepada wartawan, Rabu (14/7/2021).

"Selain merupakan hunian yang layak dan memiliki fasilitas relatif lengkap, pemantauan terhadap warga yang terpapar juga mudah dilakukan karena keberadannya di sebuah kompleks yang menyatu," lanjutnya.

Usulan Eddy itu juga sekaligus menjawab ide menjadikan Kompleks Parlemen sebagai RS Darurat Covid-19.

Baca juga: Karena Pandemi, Sejumlah Fasilitas Pajak Diperpanjang Hingga Akhir 2021, Apa Saja?

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu menilai, keterbatasan yang ada di Kompleks Parlemen dikhawatirkan bakal menyulitkan masyarakat untuk melakukan isoman, bahkan bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Atas dasar itu, Eddy lebih mengusulkan rumah jabatan anggota Dewan untuk dijadikan tempat isoman pasien Covid-19.

"Selain itu, rata-rata anggota DPR memiliki alternatif atau pilihan untuk pindah dan tinggal di tempat lain atau kembali ke dapilnya. Sementara warga belum tentu memiliki pilihan untuk tinggal di tempat lain selain rumahnya," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas