Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Idul Adha 2021

Menkopolhukam Imbau Masyarakat Salat Idul Adha di Rumah

Imbauan ini dikeluarkan Menko Polhukam sebagai koordinator penerapan disiplin dan penegakan hukum penanganan pandemi virus corona.

Menkopolhukam Imbau Masyarakat Salat Idul Adha di Rumah
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengimbau umat Islam untuk melaksanakan Salat Idul Adha di rumah masing-masing dan melaksanakan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi, yaitu situasi Covid-19, oleh sebab itu kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya salat dilakukan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa Lembaga keagamaan. Penyembelihan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan agar menjaga diri kita dan diri orang lain," ujar Menko Polhukam Mahfud MD.

Imbauan ini dikeluarkan Menko Polhukam sebagai koordinator penerapan disiplin dan penegakan hukum penanganan pandemi virus corona sebagaimana diatur dalam Inpres No. 6/2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Covid-19.

Terkait hal ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Minggu (18/7/2021) kemarin telah bertemu MUI dan sejumlah ormas Islam.

Baca juga: Tata Cara Shalat Idul Adha di Rumah Berjamaah dengan Keluarga, Lengkap dengan Naskah Khutbah

Pertemuan itu menyepakati dan mengimbau masyarakat agar pelaksanaan Salat Idul Adha dilaksanakan di rumah, takbiran digelar secara virtual dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan.

"Ritual menyembelih korban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkorban untuk mendekat kepada Allah, agar diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari Covid," ujar Menko Mahfud MD.

Sebelumnya pada Jumat (16/7/2021) Menko Polhukam telah bertemu dengan sejumlah tokoh agama secara daring.

Dalam pertemuan itu Menko mengajak lembaga-lembaga keagamaan dan tokoh agama berperan aktif bersama pemerintah dalam menangani pandemi.

Menurutnya ulama dan tokoh agama memiliki peran penting dalam kampanye melawan pandemi Covid-19.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas