Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko PMK: Informasi BMKG Jadi Acuan Pengambilan Kebijakan

Informasi dari BMKG sangat penting untuk menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pemerintah.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menko PMK: Informasi BMKG Jadi Acuan Pengambilan Kebijakan
Kompas TV
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan peran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam pembangunan manusia dan kebudayaan sangat strategis.

Menurutnya, data-data dari BMKG bisa menjadi acuan bagi instansi dan akademisi, terutama dalam menetapkan berbagai macam program nasional strategis dalam pembangunan manusia dan kebudayaan.

"Suatu keharusan bagi BMKG untuk bisa menempatkan dirinya sebagai acuan dari berbagai pihak, baik instansi, lembaga swasta maupun masyarakat, terutama pemerintah dalam mengambil kebijakan," kata Muhadjir melalui keterangan tertulis, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Jokowi: Peringatan BMKG Harus Bisa Menjadi Rujukan Pemerintah




Informasi dari BMKG, menurut Muhadjir, sangat penting untuk menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pemerintah.

"Saya kira sudah waktunya untuk menjadikan informasi dari BMKG sebagai dasar untuk mengambil kebijakan," tambah Muhadjir.

Muhadjir juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras BMKG yang selalu cepat dan terukur dalam menyajikan informasi mengenai cuaca serta bencana alam.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala BMKG dan seluruh jajaran yang selama ini telah bekerja secara optimal, telah menyajikan informasi yang sangat bermakna bagi upaya kita untuk terus membangun Indonesia yang maju, terutama di sektor pembangunan manusia dan kebudayaan," pungkasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas