Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Munarman Ditangkap Polisi

Aziz Yanuar Sebut Ratusan Advokat Siap Membela Munarman di Persidangan

Ada ratusan advokat atau kuasa hukum yang akan mendampingi proses hukum mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

Aziz Yanuar Sebut Ratusan Advokat Siap Membela Munarman di Persidangan
Rizki Sandi Saputra
Kuasa Hukum Munarman, Aziz Yanuar saat ditemui awak media di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Kuasa Hukum Munarman tersangka dugaan tindak terorisme, Aziz Yanuar mengatakan siap membela kliennya tersebut di ranah persidangan.

Aziz mengungkapkan, setidaknya ada ratusan advokat atau kuasa hukum termasuk dirinya yang akan mendampingi proses hukum mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

"Sebagai Advokat senior dengan rekam jejak yang panjang di dunia hukum dan HAM tersebut, maka tak heran jika ratusan Advokat menyatakan siap membela Munaraman di persidangan sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan sejawat," kata Aziz dalam keterangannya, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Jaksa Minta Densus 88 Periksa Rizieq Shihab Terkait Kasus Munarman, Ini Respons Kuasa Hukum

Diketahui, Munarman ditangkap anggota kepolisian dari Detasemen Khusus (Densus) Anti-Teror 88 di rumahnya di Tangerang Selatan, Banten.

Dalam perkara ini, Munarman diamankan atas tuduhan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme dan bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme

"Ia menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Statusnya disebut telah menjadi tersangka sejak 21 April lalu," tuturnya.

Hingga kini pihak Densus 88 Anti-teror Polri masih melakukan penahanan terhadap Munarman di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Eks Sekretaris Umum FPI Munarman ditangkap Densus 88 Antiteror Polri atas dugaan tindak pidana terorisme, Selasa (27/4/2021)
Eks Sekretaris Umum FPI Munarman ditangkap Densus 88 Antiteror Polri atas dugaan tindak pidana terorisme, Selasa (27/4/2021) (Tribunnews.com/ Igman Ibrahim)

Aziz lantas membeberkan rekam jejak Munarman selama menjadi advokat yang mengawali karirnya di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Palembang sebagai sukarelawan pada tahun 1995.

Kemudian dua tahun setelahnya dipromosikan sebagai Kepala Operasional organisasi yang sama yakni pada 1997. 

Kemudian kata Aziz, Munarman beralih menjadi Koordinator KontraS Aceh pada 1999-2000 dan tinggal disana. 

"Karier ini berlanjut hingga ia menduduki posisi Koordinator Badan Pekerja Kontras dimana ia kemudian berelokasi ke Jakarta dari Aceh," ucap Aziz.

Baca juga: Aziz Yanuar Beberkan Kondisi Kesehatan Munarman Dalam Tahanan, Ini Sebenarnya yang Terjadi

Namun pada September 2002, Munarman dijelaskan Aziz, kembali ke YLBHI dan terpilih sebagai ketua.

Rekam jejak Munarman yang telah lama berkecimpung sebagai advokat tersebut kata Aziz yang membuat banyak advokat bersedia untuk membelanya jika perkara ini telah masuk ranah persidangan.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas