Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pelajar Indonesia Raih Medali di Ajang Olimpiade Ekonomi Internasional 

Tim Indonesia terdiri atas lima orang pelajar yang berasal dari berbagai sekolah tersebut berhasil meraih medali perunggu. 

Pelajar Indonesia Raih Medali di Ajang Olimpiade Ekonomi Internasional 
Istimewa
Pelajar Indonesia mengukir prestasi pada ajang International Economics Olympiad (IEO) 2021 di University of Latvia, Riga, Latvia. Ajang yang digelar pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2021 itu diikuti oleh tim dari 44 negara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelajar Indonesia mengukir prestasi pada ajang International Economics Olympiad (IEO) 2021 di University of Latvia, Riga, Latvia.

Ajang yang dilaksanakan secara daring ini digelar pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2021, diikuti oleh tim dari 44 negara.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Asep Sukmayadi, memberikan apresiasi kepada tim Indonesia yang telah meraih prestasi di ajang kompetisi bergengsi tersebut. 

"Selamat dan sukses untuk talenta-talenta ekonomi Indonesia. Saya ucapkan terima kasih atas prestasi yang telah diraih pada ajang IEO 2021 ini. Tentu saja prestasi tersebut akan menjadi bekal pengalaman berharga bagi para juara untuk meraih masa depan yang gemilang," ujar Asep melalui keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional-BPK Penabur 2021 Digelar Secara Online

Tim Indonesia terdiri atas lima orang pelajar yang berasal dari berbagai sekolah tersebut berhasil meraih medali perunggu. 

Para pelajar tersebut adalah Ebenezer Mesotuho Harefa (SMAK 3 Penabur Jakarta), Zulfandi Yahya (SMAN 81 Jakarta), dan Daffa Muhammad Zidan (SMAN 2 Depok).

Lalu Calista Feroniq Gunawan (SMA Darma Yudha), dan Raisa Kendria Smara Karimah (SMAN 8 Jakarta).

Mereka dipilih dari 30 orang peraih medali Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Ekonomi pada tahun 2020. 

Baca juga: Puskesmas Cipayung Target 300 Pelajar Divaksinasi Setiap Hari di Ponpes Minhaajurrosyidin

Dalam kompetisi IEO 2021 terdapat tiga macam subbidang ekonomi yang menjadi bahan perlombaan, yaitu financial literacy dan economics yang dilakukan perorangan serta business case solution yang dilakukan secara berkelompok. 

Selain berkompetisi, para kontestan juga mendapatkan bekal ilmu pengetahuan, antara lain dari Eric Maskin (pemenang Hadiah Nobel) dan Gregory Mankiw, pengarang buku yang hasil karyanya menjadi pegangan di fakultas-fakultas ekonomi di hampir semua negara di dunia.

Sekadar informasi, IEO pertama kali diselenggarakan di Moskow, Rusia pada tahun 2018,  IEO kedua diselenggarakan pada tahun 2019 di Saint Petersburg, Rusia, dan IEO ketiga berlangsung secara daring di Kazakhstan pada tahun 2020.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas